7 syarat utama capres muda 2014

Selasa, 22 Mei 2012 - 15:16 WIB
7 syarat utama capres muda 2014
7 syarat utama capres muda 2014
A A A
Sindonews.com - Wacana Ketua MPR Taufiq Kiemas yang mengedepankan tokoh muda untuk memimpin Indonesia di masa mendatang menuai banyak tanggapan. Jika wacana politikus senior PDIP itu mendapatkan banyak dukungan, maka para tokoh muda ini harus memiliki kriteria khusus untuk maju sebagai pemimpin Indonesia.

Direktur Eksekutif Seven Strategic Studies Mulyana Wirakusumah mengatakan, sedikitnya ada tujuh persyaratan yang harus dipenuhi jika tokoh muda ini akan maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2014.

"Ada tujuh syarat utama bakal calon presiden 2014, pertama memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi, Kedua mempunyai kapasitas dan integritas, Ketiga diakui secara umum mempunyai akseptabilitas lintas golongan dan klas sosial tinggi," ujarnya dalam pesan singkat kepada Sindonews, Selasa (22/5/2012).

Ditambahkan dia, syarat keempat diyakini sebagai sosok kepemimpinan nasional alternatif yang mampu mengkondisikan pencerahan politik (political enlightment) dan harapan baru kepada masyarakat.

"Kelima, harus memiliki pengalaman kepemimpinan di organisasi, birokrasi atau korporasi yang teruji. Keenam, mempunyai Potensi dukungan politik dari parpol atau gabungan parpol peserta pemilu," terangnya.

Lebih lanjut, Mulyana mengatakan, seorang calon presiden muda harus memiliki kemampuan melakukan mobilisasi dukungan politik rakyat. "Ketujuh, bukan representasi 'politik degeneratif' atau politik yang menegasikan regenerasi serta 'gerontokratif' atau kekuasaan kaum tua," ungkapnya.

Ditambahkan, hanya orang yang memenuhi kriteria tersebut sajalah yang dinyatakan pantas menjadi calon presiden 2014 menggantikan tampuk pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)