Gede Pasek dukung KPK bersihkan kader koruptor

Jum'at, 04 Mei 2012 - 10:51 WIB
Gede Pasek dukung KPK...
Gede Pasek dukung KPK bersihkan kader koruptor
A A A
Sindonews.com - Partai Demokrat mengaku tidak merasa khawatir dengan diseretnya beberapa kader partainya dalam berbagai kasus korupsi. Bahkan, mereka mengaku selalu mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindak siapapun yang terbukti melakukan korupsi.

"PD tetap mendukung semua proses penegakan hukum kepada siapapun tanpa kecuali," ujar Ketua DPP PD Bid. Pemuda dan Olahraga I Gede Pasek Suardika saat dihubungi Sindonews, Jumat (4/5/2012).

Pasek juga sangat meyakini KPK dapat bekerja secara adil dan tidak pandang bulu. KPK juga tidak akan terpengaruh oleh orang-orang yang akan mempengaruhi proses hukum ini.

"Tentunya kami meminta KPK melakukan dengan profesional dan terukur berdasarkan parameter hukum acara yang berlaku dan tidak mengikuti alur skenario peradilan opini yang dibangun selama ini dengan target orang tertentu," imbuh anggota Komisi II DPR ini.

Demokrat sendiri menurut Pasek, sangat berharap profesionalisme KPK itu dibangun dengan semangat nondiskriminasi. Hal tersebut menurutnya dilihat dari tindakan diskriminasi yang telah dilakukan KPK selama ini dalam melakukan penahanan terhadap tersangka.

"Penegakan hukum yang berbasis transaksional juga harus dihindari KPK agar kewibawaan KPK bisa terjaga dengan baik," katanya.

Hukum itu, menurutnya, sudah memiliki sistem sendiri yang tidak bisa diintervensi oleh kekuatan apapun, kecuali memang penegak hukum itu sendiri yang mudah diintervensi.

"PD tetap tegak lurus dengan penegakan hukum yang benar. Tapi kalau penegakan hukum yang berbasis tekanan opini dan titipan agenda politik tertentu ya pasti kami akan menjernihkannya," terangnya.

Sebab, lanjutnya, UU ilmu hukum dan dasar-dasar yuridis yang dipakai akan juga dipahami oleh semua orang yang memahami hukum. "Balutan rekayasa atau tidak akan dengan mudah untuk mengetahui penegakan hukum itu by law atau by politics," tandasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0451 seconds (0.1#10.140)