Paripurna akan voting RUU Pemilu

Rabu, 11 April 2012 - 15:33 WIB
Paripurna akan voting RUU Pemilu
Paripurna akan voting RUU Pemilu
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyatakan, pengambilan keputusan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu melalui voting tidak bisa dihindarkan. Sejumlah opsi-opsi telah dipersiapkan agar bisa diterima oleh semua partai politik.

"Voting yang dipilih pun opsi-opsi yang moderat, yang semua pihak akan menerima dengan baik," ujar Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4/2012).

Menurut Priyo, ambang batas parlemen (parliamentary Threshold/PT) sudah disesuaikan dan bisa diterima oleh semua partai. "Besaran PT tiga atau empat persen. Tidak lagi ada opsi 5 persen, sudah dihapus 2,5 persen juga kita hapus," terangnya.

Selain itu, pilihan sistem proporsional terbuka atau tertutup juga sudah sangat gamblang. Tinggal dilakukan voting, terkait sistem perhitungan kuota atau webster juga sudah mengerucut. Setelah pimpinan Pansus menyampaikan laporannya, maka akan dilakukan lobi-lobi.

"Kalau dibahas di Paripurna tidak akan selesai. Lobi-lobi fraksi ini yang akan mengantarkan voting apa yang nantinya dipakai. Diharapkan adalah voting parsial, per item. Sehingga bisa diselesaikan sebaik-baiknya," tukas Priyo. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3404 seconds (0.1#10.140)