Rapimnas Golkar 2012 dipercepat

Kamis, 05 April 2012 - 09:11 WIB
Rapimnas Golkar 2012 dipercepat
Rapimnas Golkar 2012 dipercepat
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) memastikan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III Golkar yang sebelumnya dijadwalkan Oktober 2012 dipercepat menjadi pertengahan tahun ini.

Percepatan rapimnas yang menjadi rapat pimpinan nasional khusus (rapimnassus) merupakan persetujuan Ical atas desakan para pengurus daerah Golkar baik tingkat provinsi (DPD I) maupun tingkat kabupaten/ kota (DPD II).

Menurut Ical, Rapimnassus Golkar akan digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada akhir Juni atau awal Juli 2012.DPP Partai Golkar menjadi tuan rumahnya. Pada rapimnas inilah rencananya Ical akan dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) resmi Golkar. Dia menyebutkan, hingga kemarin sudah 27 DPD I Golkar yang meminta percepatan rapimnassus.

"Jumlah itu sudah cukup memenuhi aturan AD/ ART. Rapimnassus idealnya dilaksanakan sebelum bulan Ramadan," kata Ical saat menerima 26 pengurus DPD II Golkar se-Jawa Barat yang menyatakan dukungan atas pencapresan dirinya di kediamannya, Jalan Mangunsarkoro, Jakarta, kemarin.

Para pimpinan DPD II Golkar dipimpin Ketua DPD I Golkar Jabar Irianto MS Syafiuddin (Yance). Sebelumnya, Rapimnas III Partai Golkar dijadwalkan Oktober 2012. Ical berharap saat itu elektabilitas Golkar sudah lebih dari 25% dan elektabilitas dirinya 20%.

Pada Rapimnas II Golkar di Jakarta, Oktober 2011, semua DPD Golkar tingkat provinsi sebenarnya sudah menyatakan mendukung dan siap memenangkan Ical sebagai capres.Hal ini tertuang dalam kesimpulan umum dan pernyataan sikap yang ditandatangani 33 pengurus DPD I Golkar.

Di hadapan para pimpinan DPD II Golkar Jabar kemarin, Ical kembali menyatakan kesiapannya untuk diusung sebagai capres. Meski begitu, dia mengaku masih melihat perkembangan hasil rangkaian survei elektabilitas. "Terima kasih atas dukungan kepada saya. Insya Allah bila Allah menghendaki, Golkar akan punya presiden pada 2014," katanya.

Sebelumnya, pada Senin (2/4) lalu, Ical juga menerima 25 pengurus DPD II Golkar se- Jawa Timur yang menyatakan dukungan serupa. Hasil survei internal yang dilakukan Golkar di Wilayah Jawa I pada 4-10 Februari 2012 mengungkapkan bahwa Ical memang dinilai layak dan pantas menjadi capres. Sebanyak 52% responden mengaku cukup suka dengan figur Ical; 14,8% kurang suka; 2,4 % sangat suka; 2,6% tidak suka,dan 28,1% tidak tahu.

Sebanyak 53,6% responden menyatakan Ical cukup layak jadi capres 2014; 12,6% menilai kurang layak; 6,1% menyatakan sangat layak; 4,5% menyatakan tidak layak, dan 23,2% mengaku tidak tahu. Sementara itu,Yance menjamin seluruh DPD II Golkar di Jabar solid mendukung Ical sebagai capres.

"Kedatangan kami sesuai permintaan para pengurus tingkat kabupaten dan kota untuk menyampaikan aspirasi keluarga besar Golkar Jabar yang mendukung Pak Ical maju di Pilpres 2014," kata calon gubernur Jabar itu.

Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, solidnya dukungan para kader Golkar atas pencapresan Ical seiring dengan penguatan konsolidasi dalam upaya pemenangan Golkar pada Pemilu 2014. Dia mengklaim, beragam program kerakyatan yang sudah digencarkan mulai terlihat. "Kepercayaan rakyat terhadap Golkar dan Ical melonjak," katanya.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Kuskrido Ambardi memandang, dikumpulkannya para pimpinan DPD II dan DPD I Golkar di Jakarta untuk menyatakan dukungan pencapresan Ical merupakan bagian dari agenda konsolidasi internal. "Supaya DPD II solid karena tidak bisa dipungkiri masih ada faksionalisme," jelas Dodi, sapaan Kuskrido. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4766 seconds (0.1#10.140)