Sistem Pemilu tertutup jadi favorit

Senin, 02 April 2012 - 14:07 WIB
Sistem Pemilu tertutup jadi favorit
Sistem Pemilu tertutup jadi favorit
A A A
Sindonews.com - Hampir seluruh partai politik menyepakati sistem Pemilu tertutup untuk Pemilu Legislatif yang akan digelar 2014, yakni sistem nomor urut, bukan suara terbanyak. Namun Partai Demokrat dan Partai Golkar belum bersepakat.

"PKB tertutup. Kemarin kita ngumpul sama beberapa partai, ada sekira 6 sampai 7 partai, selain Demokrat sama Golkar, yang membicarakan empat sampai lima hal," ujar Anggota Komisi II Fraksi PKB Abdul Malik Haramain kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/4/2012).

Dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah poin krusial yang selama ini menjadi tarik ulur antara partai politik. "Mulai PT, sistem alokasi, metode suara konversi dan pemberlakuan PT. Pemberlakuan PT, semua sepakat mengarah ke kesepakatan, 3 persen. Sistem mengarah ke tertutup. Alokasi kursi 3 sampai 10," terangnya.

Meski semua mengarah kepada sistem tertutup, tapi hanya PAN yang masih mengambang karena terbentur dengan aturan dalam partainya. "PAN belum yakin pada sistem tertutup. Karena AD/ART nya kan terbuka. Yang lain enggak masalah," tegasnya.

Sistem tertutup dinilai lebih efektif dari sistem terbuka, masalahnya juga lebih besar ketimbang sistem terbuka. Potensi politik oligarkinya memang beda, tapi partai-partai siap dengan mekanisme itu. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9460 seconds (0.1#10.140)