Rumah tahanan KPK siap dihuni

Selasa, 20 Maret 2012 - 16:28 WIB
Rumah tahanan KPK siap dihuni
Rumah tahanan KPK siap dihuni
A A A
Sindonews.com - Pembangunan cabang rumah tahanan (rutan) Salemba, yang khusus bagi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya telah selesai dirampungkan. Saat ini, KPK masih menunggu siapa penghuni perdana hotel prodeo ala KPK tersebut.

"Pembangunanya sudah siap, tapi belum ada penghuninya," ujar juru bicara KPK, Johan Budi kepada wartawan di gedung KPK, Selasa (20/03/2012).

Untuk diketahui, rutan KPK ini berdiri di bawah kantor KPK, Jakarta yang dibangun sejak awal bulan lalu. Tepatnya di basement atau tempat parkir khusus kendaraan pimpinan KPK

Di dalam rutan ini juga terbangun, 5 kamar sel tahanan. Luas tiap kamar atau sel ini dibangun secara sama. Ruangan dicat warna putih. Kamar seluas 3,1 meter x 3,5 meter persegi pada tiap-tiap sel diapit oleh ruang penjaga Rutan di depannya.

Sementara di dalam tiap kamar, terdapat satu buah tempat tidur berbusa, serta satu bantal, dan lemari penyimpan barang. Layaknya Rutan di tempat lain, pada Rutan ini juga tersedia ruang kunjungan bagi keluarga ataupun pengacara tahanan. Tetapi letak ruang tersebut berada jauh dari letak kamar di Rutan tersebut.

"Jika Rutan di dalam basement, ruang kunjungan ada di luar basement. Tetap melalui pintu basement KPK dengan kartu akses keamanan," terang Johan.

Mengenai keamanan, sambung Johan, Rutan tersebut nantinya akan dijaga dengan dua orang penjaga dalam rutan dengan sistem 24 Jam bekerjasama dengan pihak Kemenkumham. Namun, disisi lain juga akan dijaga pihak keamanan di luar rutan.

"Jadi perlu saya sampaikan ini adalah Rutan cabang Salemba, jadi persyaratan semua memenuhi syarat yang ada di Kemenkumham. Dan ini sudah disesuaikan dengan persyaratan dalam pembangunan sebuah rutan," ujarnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3613 seconds (0.1#10.140)