PPATK: Polisi hutan terlibat aksi pembalakan liar

Rabu, 14 Maret 2012 - 17:50 WIB
PPATK: Polisi hutan terlibat aksi pembalakan liar
PPATK: Polisi hutan terlibat aksi pembalakan liar
A A A
Sindonews.com - Maraknya aksi pembalakan liat di hutan Indonesia, selain didukung oleh modal asing yang kuat. Juga didukung oleh Polisi Hutan (Polhut) yang harusnya ikut menjaga kelestarian hutan.

Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Hukum Direktorat Hukum dan Regulasi pada Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) Riono Budi Santosa dalam diskusi 'menjerat korupsi dan pencucian di sektor kehutanan'.

Menurutnya, PPATK ingin bekerjasama dengan para polhut itu. Namun, kedekatan dan keterlibatan mereka dalam pembalakan tersebut membuat pihaknya mengurungkan niat itu.

"Karena kita tahu, aparat kehutanan ternyata banyak terlibat dalam masalah kejahatan kehutanan," ujarnya di Rumah Makan Bumbu Desa Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2012).

Banyak aksi pembalakan liar yang sebenarnya diketahui oleh polhut. Namun, karena mereka sudah ada kerjasama dengan para pembalak, aksi cukur hutan pun dibiarkan.

"Aparat kehutanan mengetahui jelas sejumlah modus yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan kehutanan. Aparat kehutanan melakukan pembiaran aksi pembalakan liar," terangnya.

Jika saja aparat kehutanan bisa bertindak tegas, tambahnya, tentu aksi kejahatan kehutanan tersebut tak akan pernah ada di berbagai wilayah Indonesia. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5584 seconds (0.1#10.140)