Penggundulan hutan Indonesia didanai asing

Rabu, 14 Maret 2012 - 17:37 WIB
Penggundulan hutan Indonesia didanai asing
Penggundulan hutan Indonesia didanai asing
A A A
Sindonews.com - Kasus pembalakan liar di kawasan perhutanan Indonesia sepertinya tidak akan habis selama masih banyak orang rakus demi mementingkan perut sendiri.

Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Hukum Direktorat Hukum dan Regulasi pada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Riono Budi Santosa dalam diskusi dengan tema 'menjerat korupsi dan pencucian di sektor kehutanan'.

Menurutnya, sepanjang masih ada permintaan, kasus kejahatan kehutanan seperti illegal logging atau pembalakan liar akan tetap muncul di Indonesia. "Karena sebenarnya, pelaku penebangan liar itu didanai oleh cukong-cukong dari negara luar Indonesia," ujarnya di Rumah Makan Bumbu Desa Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2012).

Dia mengungkapkan, para cukong itu mendanai penggundulan hutan di Indonesia. "Mereka (Cukong-cukong) itu, walaupun disebut pembeli bisa dikatakan yang mendanai, karena tanpa adanya mereka, pembalakan liar tentunya tidak akan ada," ungkapnya.

Lebih lanjut, yang menjadi korban dari kasus illegal logging atau pembalakan liar diantaranya, sejumlah flora dan fauna seperti bunga anggrek dan orang utan yang ada di dalam hutan.

Sebenarnya, masih kata Budi para penebang pohon memiliki izin. Namun kebanyakan menyalahi izin dengan meluasnya aksi penebangan pohon. "Oleh karena itu, penegakkan hukum harus sangat ketat dalam menangani masalah kejahatan kehutanan tersebut," pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)