Jaksa Agung prihatin dengan Jaksa Sistoyo

Rabu, 29 Februari 2012 - 13:51 WIB
Jaksa Agung prihatin dengan Jaksa Sistoyo
Jaksa Agung prihatin dengan Jaksa Sistoyo
A A A
Sindonews.com - Jaksa Agung Basrief Arief prihatin atas terjadinya insiden pembacokan Jaksa Sistoyo saat persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat, tadi pagi.

"Saya prihatin kalau memang itu yang terjadi," jelasnya usai melantik beberapa pejabatnya di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (29/2/2012).

Menurutnya, kejadian itu sepenuhnya adalah tanggung jawab KPK, karena terjadi di Pengadilan Tipikor dan Jaksa Sistoyo merupakan tahanan KPK.

Basrief mengungkapkan, pembacokan ini membuktikan bahwa penegakan hukum di negara ini sudah cukup sulit. Oknum-oknum yang tidak menyukai terciptanya penegakan hukum itu lah yang mencoreng hukum itu sendiri.

"Kenapa kita tak membiarkan pengadilan yang mengadili, menentukan seseorang bersalah," jelasnya.

Basrief mengaku baru mengetahui kabar pembacokan itu dan berharap aparat kepolisian bisa mengungkap identitas pelaku pembacokan. "Karena saya baru tahu, saya harap aparat pengamanan, yaitu polisi, bisa mengusutnya," tegasnya.

Seperti diketahui, mantan jaksa Kejaksaan Negeri Cibinong, Sistoyo diserang senjata tajam usai sidang kasus korupsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat tadi pagi.

Kening Sistoyo luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit. Sementara pelaku yang membacok Sistoyo langsung diciduk polisi dan diamankan. Kejadian tersebut bermula sekira 10.00 WIB, di lantai dua Ruang Sidang Utama PN Bandung. Terdakwa kasus suap Rp100 juta yang ditangkap KPK itu baru saja selesai menjalani sidang eksepsi.

Begitu keluar ruang sidang, tiba-tiba seorang pelaku menghampiri Sistoyo yang mengenakan batik gelap. "Penghianat kamu," kata pria setengah baya itu sambil memukulkan golok ke kepalanya.

Golok mendarat di kening Sistoyo, tepatnya di antara dua matanya. Darah berceceran dari lantai dua hingga lantai satu ruang sidang. Saksi mata, Adit (24) menuturkan, penyerangan terjadi usai Sistoyo sidang dan usai diwawancari wartawan.

"Pelaku mengenakan baju safari abu-abu. Pelaku langasung diamankan polisi," katanya, yang saat kejadian berada di belakang Sistoyo. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5521 seconds (0.1#10.140)