F-16 paksa pesawat asing mendarat

Selasa, 21 Februari 2012 - 18:50 WIB
F-16 paksa pesawat asing mendarat
F-16 paksa pesawat asing mendarat
A A A
Sindonews.com - Sebuah pesawat asing terpantau melanggar batas wilayah udara di atas alur laut wilayah timur kepulauan Indonesia. Keberadaan mereka terdeteksi oleh Radar Satrad 242 Tanjung Warari. Dua pesawat tempur F-16 yang sedang berpatroli langsung melakukan pengejaran.

Pesawat asing ini pun akhirnya berhasil dihalau dan dipaksa turun (force down) di Bandara Frans Kaisiepo Pangkalan Udara (Lanud) Manuhua Biak.

Peristiwa itu hanyalah penggalan skenario latihan Cakra Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) saat menghadapi pesawat asing masuk ke Indonesia. "Ini latihan rutin bagaimana ketika ada pesawat asing melanggar perbatasan," jelas Mayor Pnb Reza S usai melakukan latihan itu, di Lanud Manuhua Biak, Selasa (21/2/2012).

Pesawat asing diperagakan pesawat Hercules A-1301 dipiloti langsung oleh Mayor Reza dan 12 orang crew. Dalam latihan itu ditunjukan seolah sedang terjadi pelanggaran pesawat asing yang terdeteksi radar, kemudian oleh Pangkosekhanudnas IV diteruskan kepada awak pilot F-16 sedang berpatroli.

"Jadi langkah pertama pesawat F-16 melakukan intercept atau pencegatan pesawat asing itu," jelas Reza.

Menurutnya latihan itu untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit TNI AU di bawah jajaran Kosekhanudnas IV dan personel pendukung Lanud Manuhua dalam melaksanakan prosedur force down yang benar.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7959 seconds (0.1#10.140)