KPK segera rekrut penyelidik independen

Senin, 30 Januari 2012 - 11:59 WIB
KPK segera rekrut penyelidik independen
KPK segera rekrut penyelidik independen
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) punya rencana menarik. Lembaga antikorupsi ini berniat membentuk tim penyelidik independen. Keinginan itu terungkap ketika para politikus mengunjungi kantor KPK di Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta, Senin (30/1/2012).

"Ada satu hal menarik dari pertemuan ini, keinginan KPK untuk merekrut penyelidik indepen," kata Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Akbar Faizal usai kunjungannya tersebut.

Akbar sendiri mengaku sangat mendukung rencana itu, karena selama ini KPK sebenarnya masih mengalami masalah dalam mengusut kasus korupsi terutama untuk kasus-kasus besar.

Jumlah anggota yang sedikit juga menjadi faktor penghambat kerja KPK dalam menyelesaikan masalah. "Kita semua tahu, betapa mereka bermasalah dengan kapasitas, kemampuan dan sistem," imbuh Akbar yang datang bersama politikus Partai Golkar Fahmi Idris dan Poempida Hidayatullah.

Jumlah anggota KPK sendir saat ini hanya berjumlah 700 orang. Jumlah itu sangat kurang jika harus menangani kasus korupsi yang jumlahnya cukup banyak itu.

"Katakanlah kepolisian saja lebih dari 400 ribu, kejaksaan 8.000 orang, KPK hanya 700 orang," ujar Akbar.

Kata Akbar, pihaknya tetap mendukung KPK untuk terus mengusut kasus terutama kasus-kasus berskala besar. "Selain itu, kami juga dukung ada penyelidik independen," pungkasnya. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7936 seconds (0.1#10.140)