Pemerintah pusat boros dicontoh pemda

Sabtu, 28 Januari 2012 - 13:26 WIB
Pemerintah pusat boros dicontoh pemda
Pemerintah pusat boros dicontoh pemda
A A A
Sindonews.com - Borosnya DPR dan Istana dalam menggunakan anggaran negara bakal jadi contoh buruk bagi pengelolaan dana di tingkat pemerintahan daerah.

Peneliti Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam meyakini apa yang terjadi di pemerintah pusat itu merembet ke daerah-daerah. "Pejabat di daerah akan menunjuk pusat yang lebih dulu menyontohkan pemborosan anggaran," kata Roy Salam, Jumat (27/1/2012) malam.

Ajakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang penghematan anggaran menjadi percuma. Kata Roy, jika Istana sendiri sudah mempratikan budaya boros, maka akan menjadi virus bagi lembaga negara, kementerian dan pemerintah daerah.

"Jadi sia-sia imbauan SBY soal ajakan hentikan korupsi dan hemat anggaran. Presiden SBY pernah mengeluarkan inpres penghematan APBN 2011. Kok di rumahnya sendiri justru melakukan pemborosan anggaran. Ini contoh tidak konsistennya Presiden SBY," kritik Roy.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparasi Anggaran (Fitra) merilis data RABPP 2012 Lampiran 4 BA007 terkait alokasi anggaran sederet proyek di Kementerian Sekretariat Negara dan Istana mencapai Rp80,48 miliar.

Anggaran itu ditujukan untuk proyek pembangunan dan renovasi di lingkungan Istana. Khusus untuk proyek areal parkir sendiri sebensar Rp10,6 miliar. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5704 seconds (0.1#10.140)