BK panggil konsultan rehab ruang Banggar DPR

Selasa, 24 Januari 2012 - 12:06 WIB
BK panggil konsultan rehab ruang Banggar DPR
BK panggil konsultan rehab ruang Banggar DPR
A A A
Sindonews.com – Untuk mengetahui spesifikasi peralatan dan perlengkapan ruang Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memanggil konsultan perencana proyek renovasi itu.
Pemanggilan ini dilakukan untuk mengetahui awal mula pemilihan spesifikasi peralatan dan perlengkapan ruang Banggar.

"Kita periksa dulu konsultan perencana. Ini untuk melengkapi keterangan Banggar, BURT dan Kesekjenan," kata Ketua BK DPR M Prakosa di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/1/2012).

Konsultan perencanaan ruangan baru Banggar yang dimaksud adalah PT Gubah Laras. Konsultan pengawas, PT Jagat Rona Semesta, dan pelaksana, PT Pembangunan Perumahan (PP). Pemeriksaan ini dilakukan tertutup di ruang BK Gedung Nusantara II, DPR.

Proyek ruang rapat Banggar yang menelan biaya Rp20 miliar ini menjadi polemik. BK DPR menilai renovasi tersebut terlalu berlebihan. Alasannya, karena penunjukan spesifikasi peralatan dan perlengkapan tertentu, biaya renovasi menjadi membengkak.

Pimpinan Banggar DPR mengaku telah mengirim surat ke Sekjen meminta renovasi ruang, namun pimpinan Banggar membantah telah memilih spesifikasi fasilitas tertentu. Banggar menuding Sekjen bertanggung jawab atas proyek mewah ini.

Kesetjenan DPR membantah tudingan ini. Kepala Biro Pemeliharaan Pembangunan dan Instalasi Setjen DPR Soemirat mengatakan pemilihan spesifikasi langsung ditunjuk pimpinan Banggar saat konsultan proyek menawarkan pilihan perlengkapan.

Atas polemik ini, BK telah memanggil Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Banggar termasuk Kesetjenan. Namun BK mengaku masih menelusuri dugaan pelanggaran kode etik anggota DPR.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5994 seconds (0.1#10.140)