Ketua F-PKB plagiat karya tulis mahasiswa?

Jum'at, 13 Januari 2012 - 21:50 WIB
Ketua F-PKB plagiat...
Ketua F-PKB plagiat karya tulis mahasiswa?
A A A
Sindonews.com - Tulisan Jusman Dalle yang merupakan Humas Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Makassar 2009/2011 diplagiat atau dijiplak oleh Ketua Fraksi Partai kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI, Marwan Ja'far.

Beberapa tulisan Jusman yang juga Analis Society Research And Humanity Developmnet (SERUM) Institute ini sudah dipublikasikan di beberapa forum internet pada 28 Maret 2011. Tulisan Jusman itu berjudul Perang Ideotik Libya.

Maka itu, Marwan akan diadukan ke Badan Kehormatan (BK) DPR RI pekan depan oleh Jusman Dalle, penulis pertama tentang Pengelolaan Energi Libya pasca-Qadhafi. "Saya akan segera melaporkan ke BK. Paling cepat minggu depan," ujar Jusman di ujung telpon genggam kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/1/2012).

Jusman terkejut lantaran tulisan yang pernah dimuat di salah satu media online bulan Oktober 2011 lalu diterbitkan Koran Tempo dengan penulis Marwan Jafar.

"Sudah dikonfirmasi dari Koran Tempo, bahwa itu tulisan Marwan melalui twitter. Saya mengetahui sendiri tadi pagi, saya baca Koran Tempo, saya pikir itu tulisan saya. Saya kaget kok namanya Marwan Jafar. Setidaknya ada 15 paragraf yang merupakan tulisan saya. Pesan yang ingin saya sampaikan, tidak seharusnya politisi melakukan itu. Padahal, dia orang yang sempat saya idolai. Saya sudah koordinasi dengan Kammi Pusat," jelasnya.

Menurutnya, kutipan yang diterbitkan Koran Tempo atas nama Marwan sama persis dengan tulisan Jusman, salah satunya adalah: "Kita bisa menyaksikan buktinya. Di Irak, setelah jatuhnya Saddam, dibuka tender bagi ladang-ladang minyak. Tercatat 120 perusahaan berpartisipasi dalam tender. Hasilnya 1/3 dari total perusahaan tersebut, yaitu sekitar 35 perusahaan asing yang lolos. Bisa ditebak, bahwa raksasa minyak global yang menyumbang pajak bagi kas Barat, khususnya AS dan sekutunya mendominasi." ucapnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0330 seconds (0.1#10.140)