alexametrics

Ini Langkah Konkret GMC 19 Melawan Covid-19

loading...
Ini Langkah Konkret GMC 19 Melawan Covid-19
Ini Langkah Konkret GMC 19 Melawan Covid-19
A+ A-
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) telah melakukan langkah konkret melalui gerakan Gereja Melawan Covid-19 (GMC 19). Gerakan ini merupakan manifestasi dari iman, dan panggilan gereja untuk membela serta merawat kehidupan.

Sebagai langkah awal, GMC 19, dengan melibatkan tenaga ahli dari RS PGI Cikini dan Dompet Dhuafa, melakukan pelatihan kepada para relawan muda lintas iman, agar terlibat dalam penanggulangan Covid-19. Disinfektan adalah materi utama pelatihan. Animo generasi muda tercatat sangat tinggi, sehingga pelatihan dilakukan dalam dua gelombang yakni pada 18 Maret dan 20 Maret 2020. Kini tercatat 57 anak muda lintas iman bergabung menjadi relawan GMC 19.

Sejumlah rumah ibadah yang telah menerima aksi penyemprotan disinfektan oleh GMC 19 antara lain Gereja Kasih Karunia (GEKARI) Jemaat Anthiokhia, Jakarta Selatan, GPKB Tanjung Priok, Jakarta Utara, Gereja Baptis Indonesia Dahlia, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Musala Maharaja, Pondok Kopi, Jakarta Timur, dan Masjid At Taqwa, Pulo Gebang, Jakarta Timur.



Selain aksi penyemprotan, imbauan dan seruan pastoral juga dilayangkan kepada gereja-gereja anggota secara bertahap. Sebanyak 91 Gereja Anggota PGI tersebar dari Aceh sampai Papua. Sebaran Virus Covid-19 belum nampak merata di seluruh wilayah, karenanya imbauan PGI tidak boleh tunggal. Bagi daerah-daerah dengan tingkat sebaran yang tinggi, PGI mengimbau untuk mengalihkan Ibadah Minggu menjadi ibadah berbasis keluarga selama dua minggu, sambil dilihat perkembangannya kemudian.

Untuk jemaat-jemaat yang belum terpapar Covid-19, disarankan menerapkan protokol ibadah secara ketat untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Bila sudah ditemukan kasus, disarankan meningkatkan pengelolaan ibadah di tengah keluarga masing-masing. Apa yang terjadi pada gereja besar 'Megachurch' di Korea Selatan haruslah menjadi pembelajaran berharga untuk gereja-gereja lainnya.

Selain imbauan, sejumlah video pendek edukasi segera diproduksi oleh Tim Yakoma. Komisi-komisi pelayanan dilibatkan berdasarkan kepakaran anggota komisi. Komisi kesehatan di antaranya terlibat dalam pembuatan video edukasi terkait pencegahan Covid-19 dan pengelolaan makanan sehat.

Hingga saat ini, masih banyak rumah ibadah yang minta disemprot disinfektan. Untuk itu, GMC 19 berkomitmen menjalani tugas hingga pandemi Covid-19 berakhir.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top