alexametrics

Redam Arus Mudik, Mensos Siapkan Bansos Khusus untuk Warga DKI Jakarta

loading...
A+ A-
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar jajarannya memikirkan program khusus untuk mengurangi arus mudik. Program khusus tersebut akan diarahkan salah satunya ke DKI jakarta. (Baca juga: Tak Ada Larangan Resmi, Pemerintah: Boleh Mudik Asal Karantina 14 Hari)

“Sehingga diputuskan akan diberikan bansos khusus untuk DKI dalam rangka untuk meredam arus mudik ke daerah lain,“ kata Juliari saat konferensi pers, Kamis (4/2/2020). (Baca juga: Ganjar Larang Warga Jateng di Perantauan Mudik Lebaran)

Dia mengatakan bansos ini berbeda dari program bansos yang sudah dikucurkan pemerintah seperti kartu sembako, kartu prakerja ataupun program keluarga harapan (PKH). Menurutnya, Presiden Jokowi meminta agar bansos khusus ini dihitung secara cermat agar yang terdampak Corona benar-benar mendapatkan bantuannya. (Baca juga: Pemerintah Bakal Bagikan Sembako Bagi Warga yang Tidak Mudik Lebaran)



“Mengenai besaran dan mekanisme akan berkoordinasi dengan Pak Menko, Pak Mendagri, Ibu Menkeu. Ini agar program khusus tidak tumpang tindih dan berdsarkan data terbaru,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengaku diminta Presiden Jokowi merancang program ini dalam waktu dua minggu. Dia mengatakan memang tidak mudah mengatur program khusus ini agar dapat membuat masyarakat tidak mudik.

“Memang tidak mudah, dan tidak bisa dijamin 100%. Kami belum ketemu mekanismenya atau penerapannya di lapangan. Tapi program khusus ini kita berharap penerimanya tidak mudik, sehingga nanti detail di lapangan seperti apa, kita pikirkan nanti antara kami Pemprov DKI,” katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top