Surati Jokowi, Ini Pesan Para Tokoh soal Bencana Wabah Corona

loading...
Surati Jokowi, Ini Pesan Para Tokoh soal Bencana Wabah Corona
Surati Jokowi, Ini Pesan Para Tokoh soal Bencana Wabah Corona
A+ A-
JAKARTA - Puluhan tokoh lintas elemen yang tergabung dalam Forum Risalah menyampaikan kepedulian dan kerihatinanannya atas kondisi bangsa Indonesia yang tengah dilanda virus Corona atau COVID-19.

Terlebih, pandemi Corona ini telah memakan banyak korban dari berbagai profesi di Indonesia.

Forum memandang wabah ini telah menimbulkan dua hal yang diistilahkan dengan kejutan. Pertama, kejutan kesehatan. Kedua, kejutan resesi ekonomi. Kedua kejutan tersebut adalah ujian sejarah bangsa yang sangat berat.

Forum yang meliputi dari agamawan, aktivis, akademisi, dan budayawan ini meminta pemerintah untuk benar-benar menggunakan tiga perspektif. Pertama, keselamatan jiwa masyarakat adalah prioritas tertinggi.



Kedua, keputusan pemimpin negara harus diarahkan untuk keselamatan jiwa bangsa. Ketiga, kemampuan manajemen untuk mengatasi krisis saat ini harus mendahulukan landasan ideal kepemimpinan, bukan hanya mengandalkan fungsi-fungsi sistem yang telah ada.

Dengan perspektif itu Risalah Jakarta menyampaikan lima risalah kepada pemerintah.

Pertama, terjalinnya kerja sama seluruh lapisan masyarakat. Kedua, tercukupinya pengadaan sarana dan alat kesehatan. Ketiga, terpenuhinya kepatuhan hukum semua pihak saat keadaan luar biasa. Keempat, terjaminnya keamanan sosial dan masyarakat pekerja. Kelima, terpenuhinya kerjasama internasional dan asistensi negara lain.



Masukan Forum Risalah itu disampaikan dalam surat terbuka yang dikirim kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa 31 Maret 2020.
halaman ke-1 dari 4
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top