Tetap Kreatif dan Produktif di Rumah saat Wabah Corona

loading...
Tetap Kreatif dan Produktif di Rumah saat Wabah Corona
Tetap Kreatif dan Produktif di Rumah saat Wabah Corona
A+ A-
JAKARTA - Penyebaran virus Corona atau (COVID-19) nyaris melumpuhkan banyak sendi kehidupan. Demi mengurangi potensi penularan, orang-orang harus berhenti beraktivitas di luar rumah.

Hanya untuk pekerjaan tertentu saja yang masih berjalan seperti biasa antara lain, tenaga medis, pemadam kebakaran, aparat keamanan, pegawai bank, dan pekerja di sektor energi.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk beraktivitas di rumah. Bagi siswa belajar di rumah, begitu juga dengan pekerja untuk bekerja dari rumah (work from home).

Dari yang awalnya hanya 14 hari, WFH tapi kini terus diperpanjang karena wabah wabah belum mereda. Tentu ini memberikan rasa jenuh bagi yang biasa bekerja dan berkegiatan di luar rumah.



Pemerhati sosial Devie Rahmawati mengatakan justru sekarang ini saat tepat untuk membangun kebersamaan dengan keluarga.

“Ada banyak hal yang selama ini tidak menjadi perhatian atau aktivitas kita ketika banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Pertama, bercengkrama dengan keluarga. Itu penting. Kita cuma mengenal keluarga saat pagi dan malam hari. Sekarang bisa betul-betul mengenal mereka,” kata dosen di Universitas Indonesia itu kepada SINDONews, Rabu (1/04/2020).

Devie memberikan beberapa tips kegiatan di rumah yang menyenangkan dan tetap produktif:

1. Buat kesepakatan dan jadwal kegiatan harian

Keluarga bisa menjadi sesuatu yang asing ketika sebagian besar anggotanya sering berada di luar rumah. Oleh karena itu di saat seperti ini, buatlah aturan dan kesepakatan kegiatan yang akan dilakukan di rumah.



Yang paling utama untuk menjaga kebersamaan adalah makan pagi, siang, dan malam harus bersama. Jangan ada yang menggunakan gawai. Jadi, semua bisa berbincang tanpa hambatan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top