alexametrics

Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir Lebih Efektif Bunuh Virus

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penaganan virus Corona (Covid-19) telah melakukan upaya mencegah penularan virus corona melalui berbagai langkah. Salah satunya adalah menganjurkan kampanye cuci tangan dengan sabun, dengan air mengalir, atau dengan hand sanitizer (penyanitasi tangan), langsung mandi atau membersihkan diri setelah beraktivitas di luar rumah.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan virus Corona (Covid-19) Wiku Adisasmito mengatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif membunuh virus jika dibandingkan menggunakan hand sanitizer.

"Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah yang paling ampuh untuk membunuh virus," ungkapnya dalam Konferensi Pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (30/3/2020).



Wiku mengatakan apabila tidak ada opsi bisa menggunakan hand sanitizer tetapi dengan bijak dan aman. Ia menjelaskan metode pencegahan melalui rajin cuci tangan, akan lebih maksimal apabila kita juga dapat menghindari menyentuh area wajah yaitu mata, hidung, dan mulut. (Baca juga: Disiplin dan Dorongan Semangat Keluarga, Pasien Sembuh Terus Meningkat).

Selain mencuci tangan dengan sabun, Wiku juga menyarankan untuk langsung mandi setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Kemudian, disarankan juga untuk menyetrika pakaian yang sudah diberi cairan hipoklorit. "Setelah mencuci tangan, hindari menyentuh area wajah. Kemudian langsung segera mandi ketika sampai di rumah, mencuci pakaian dengan sabun dan menyetrika lalu diberi cairan disinfektan hipoklorit saat disetrika."

Wiku pun meminta masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran virus ini. Tidak lupa ia mengingatkan untuk tetap menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi. "Saudara-saudara sekalian, tetaplah waspada dengan Covid-19. Selalu dengan tetap menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan air mengalir dengan sabun. Hindari menyentuh area wajah yaitu mata hidung dan mulut lakukan dengan disiplin. Jadilah pahlawan dan melindungi diri serta orang lain."
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top