KSAD: Distribusi APD dan Logistik secara Tepat Solusi Atasi Krisis COVID-19

Minggu, 29 Maret 2020 - 21:06 WIB
KSAD: Distribusi APD dan Logistik secara Tepat Solusi Atasi Krisis COVID-19
KSAD: Distribusi APD dan Logistik secara Tepat Solusi Atasi Krisis COVID-19
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto serta Sekjen Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Agus Setiadji membahas sekaligus memantau perkembangan terkait penanganan virus corona (COVID-19).

Sejumlah hal yang dibahas adalah pembaharuan informasi terkait dukungan alat pelindung diri (APD), rapid test, penggunaan media komunikasi dan pendistribusian logistik serta solusi mengatasi krisis yang disebabkan virus corona. (Baca juga: Kabar Baik, 3 Pasien Positif Corona di Kota Malang Sembuh)

"Saya memberikan kewenangan kepada RSPAD untuk menggunakan dana BLU dalam pengadaan suplai serta peralatan yang dibutuhkan dalam menghadapi COVID-19," ujar Andika saat teleconference seperti yang diunggah di Youtube di Mabes TNI, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Menurut dia, pengadaan cepat laboratorium rapid test serta perlengkapannya, tranning petugas medis untuk penggunaan ventilator, penggunaan media komunikasi dari pusat (RSPAD) ke 68 RSAD dan pendistribusian logistik harus diinventarisasi dengan baik.

"20 ton APD yang kita terima jangan sampai 68 Rumah Sakit TNI AD (RSAD) tidak dialokasikan. Logistik yang sudah kita punya harus dapat di manage. Jangan sampai ada yang menimbun untuk diri sendiri, inventaris semua yang ada," tegas KSAD.

Dia mengatakan, TNI AD juga menyediakan tempat tinggal sementara bagi petugas medis demi menjaga kestabilitas baik dalam dalam menangani dan memutus mata rantai penyebaran corona. "Kalau masih ada yang ragu untuk mengsinkronisasikan komunikasi dari 68 RSAD kepada RSPAD, lapor ke saya," tandasnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6330 seconds (0.1#10.140)