alexametrics

Aa Gym Berbagi Protokol Keluar dan Masuk Rumah di Tengah Wabah Corona

loading...
Aa Gym Berbagi Protokol Keluar dan Masuk Rumah di Tengah Wabah Corona
Aa Gym Berbagi Protokol Keluar dan Masuk Rumah di Tengah Wabah Corona
A+ A-
BANDUNG - KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengunggah video protokol menjaga kesehatan di tengah wabah virus corona atau Covid-19 bagi mereka yang harus ke luar rumah demi melaksanakan kewajiban. Video tersebut diunggah Aa Gym melalui akun media sosia, salah satunya Facebook, KH. Abdullah Gymnastiar pada Rabu 25 Maret 2020.

Dalam video, Aa Gym terlihat mengenakan jas abu-abu. Pimpinan Pesantren Daarut Tauhiid (DT), Gegerkalong, Kota Bandung ini mengawali videonya dengan ucapan salam.



"Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Bagi sahabat-sahabatku yang memang wajib keluar, paramedis, petugas keamanan, pengantar barang makanan, yang memang wajib keluar, maka ikutilah protokol ini. Keluarlah dengan niat lilahi taala yang benar memenuhi kewajiban," kata Aa Gym.

Aa Gym melanjutkan, jangan lupa lengkapi diri dengan perlengkapan standar, masker untuk menutup wajah, sarung tangan plastik yang biasa dipakai masak tapi suatu saat bisa bermanfaat untuk mencegah penularan Corona. Sanitizer gel dan juga sabun kecil supaya nanti ketemu air dan ini lebih efektif untuk mematikan virus-virus tersebut.

"Dan ada satu lagi, ini dia, jas hujan murah meriah yang bisa dipakai dalam situasi yang sangat sulit dan bisa dibuang, disposal, ya," ujar dia. (Baca juga: Baca juga: Rapat Online dengan Menkes dan Doni Monardo, DPR Beri 9 Catatan).

Sesuai dengan niat benar, cara benar, tutur Aa Gym, jangan lupa amalan ketiga adalah ketika keluar dari rumah, panjatkan doa.



"Bismillahi tawakaltu Alallahi lahaula walakuata ilabilah. Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya, saya bertawakal kepada Allah. Tiada kekuatan kecuali dari Allah. Tiada daya tiada kekuatan kecuali dari Allah. Hudita, wakufita, wawukita, akan ditunjuki, akan dicukupi, akan dilindungi. Ini janji Allah," tutur Aa Gym.

Aa Gym melanjutkan, berangkatlah dari rumah dan bersedekah, bisa dengan uang, bisa dengan beras, atau apa pun kebaikan yang bisa kita lakukan karena sedekah adalah penolak bala. Dan melangkahlah sambil senantiasa dzikrulloh. "Maka ingatlah pada-Ku menurut Allah aku ingat padamu. Sepanjang kita zikir, Allah pun akan memperlakukan kita spesial, mudah-mudahan perjalanan keluar ini jadi amal soleh, senantiasa dalam perlindungan Allah, membawa manfaat bagi orang karena wajib, dan kembali ke rumah penuh dengan keselamatan. Selamat melaksanakan amal soleh yang darurat ini semoga jadi kebaikan. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," pungkas Aa Gym.

Setelah menggunggah video protokol aman dan sederhana keluar rumah, Aa Gym masih di akun yang sama, juga memposting protokol ketika sudah pulang ke rumah.

Menurut Aa Gym, kalau baru pulang dari bepergian ke rumah, pertama, ucapkan hamdalah. Alhamdulillahi robbilalamin, kita bisa sampai di rumah dan buka sepatu. Jangan sampai masuk ke dalam rumah dengan memakai sepatu.

Kedua, segera semprotkan alkohol disinfektan, ke sepatu, ke celana, baju, tas, kacamata, HP, pulpen, atau barang-barang apa pun yang dibawa dari luar ke rumah.

Ketiga, buanglah semua, bon kwitansi, tanda pembelian yang tidak ada lagi manfaatnya untuk kita miliki di tempat sampah di luar.

Keempat, masuklah ke rumah tanpa alas kaki dan segera cuci tangan dengan sabun, dengan prosedur yang benar selama 20-30 detik.

"Jangan pernah duduk di kursi, jangan pernah duduk di tempat tidur, di meja makan, melainkan langsung menuju kamar mandi, buka pakaian seluruhnya dan mandi, keramas, gosok gigi, dan barulah kita keluar dari kamar mandi dengan pakaian yang bersih, silakah temui keluarga. Insya Allah sudah lebih aman," kata Aa Gym.

"Saudaraku sekalian, semoga wabah ini segera hilang, tetapi kebiasaan hidup bersih, berpikir bersih, dan terutama berhati bersih. Mudah-mudahan inilah salah satu hikmah yang akan terbawa menuju kebahagiaan dunia kita, juga sampai kebahagiaan akhirat nanti. Penuhilah dengan rasa syukur kepada Allah subhanahu wataala. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," ujar dia.

Sebelum mengunggah dua video protokol tersebut, pada Sabtu 22 Maret 2020, Aa Gym juga ikut menyosialisasikan social distancing dan kewaspadaan terhadap wabah virus corona.

Sambil membawa pengeras suara, mengenakan jas hujan plastik warna hijau, Aa Gym terlihat berbicara kepada masyarakat kampung. Aa Gym mengimbau warga untuk berada di rumah jika tak ada keperluan mendesak.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top