DPR Minta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Siapkan SOP

Senin, 23 Maret 2020 - 09:07 WIB
DPR Minta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Siapkan SOP
DPR Minta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Siapkan SOP
A A A
JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 diminta mulai menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien virus Corona. SOP tersebut nantinya disosialisasikan ke pemerintah daerah dan masyarakat.

Anggota Komisi VIII DPR, Diah Pitaloka menuturkan SOP itu harus menjelaskan mekanisme seseorang akan melakukan tes Corona hingga mendapatkan penanganan. Bahkan, kata dia, Gugus Tugas COVID-19 itu juga harus mempersiapkan serta menyosialisasikan mekanisme terburuk dari penanganan Corona. (Baca juga: KPK Ingatkan Ancaman Hukuman Mati bagi Koruptor Pencuri Anggaran Wabah Corona )

“BNPB sebagai Gugus Tugas COVID-19 harus lebih aktif melakukan fungsi koordinasi dengan lembaga dan pemerintah daerah. Terutama menyangkut bagaimana strategi yang diterapkan diberbagai level,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Dia melanjutkan penganggaran akan tidak tertata tanpa adanya rencana pemberantasan Corona yang jelas. Sebab, Gugus Tugas COVID-19 akan menggunakan APBN, APBD serta anggaran lainnya.

“Inikan semuanya mengeluarkan anggaran kan. Jadi jangan sampai kerjanya parsial dan khawatirnya nanti saling ribut. Masalahnya sampai sekarang belum ada gambaran konprehensif dari pemerintah mengenai penanganan Corona,” tandas Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Selain itu, dia mendesak Gugus Tugas COVID-19 yang dipimpin Doni Monardo itu fokus pada penanganan serta kesiapan tim medis. Dia menuturkan, DPR bakal membantu pemerintah dalam melawan COVID-19. Salah satunya adalah dengan membentuk tim pengawas untuk memastikan Gugus Tugas COVID-19 berjalan efektif. (Baca juga: Virus Corona Terus Makan Korban, Jokowi Diminta Keluarkan Perppu )
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5657 seconds (0.1#10.140)