Dari China, Hercules TNI Pengangkut Alkes Corona Tiba di Natuna

Minggu, 22 Maret 2020 - 14:58 WIB
Dari China, Hercules TNI Pengangkut Alkes Corona Tiba di Natuna
Dari China, Hercules TNI Pengangkut Alkes Corona Tiba di Natuna
A A A
JAKARTA - Pesawat TNI C-130 Hercules yang mengangkut alat kesehatan dari Shanghai, China hari ini telah tiba di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Minggu (22/3/2020) hari ini.

Sesuai rencana, pesawat tersebut besok pagi akan melaksanakan penerbangan dari Natuna menuju Jakarta dan mendarat di Lanud Halim Jakarta.

Pesawat TNI C-130 Hercules yang berangkat pada Sabtu 21 Maret 2020 telah bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh dan mendarat dengan aman di Bandara Pudong-Shanghai China malam tadi waktu setempat.

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut melakukan dua kali short stop (transit), yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.

"Kru pesawat yang dipimpin oleh Letkol Pnb Suryo berjumlah 18 orang menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga tidak tertular virus Corona," tulis siaran pers Puspen TNI yang diterima SINDOnews, Minggu (22/3/2020). (Baca Juga: Prabowo Minta TNI Kerahkan Pesawat ke China Ambil Alat Kesehatan)

Keberangkatan pesawat Hercules milik TNI AU tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia.

Alat-alat kesehatan tersebut berupa disposable masks, n95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Peralatan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat China.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4409 seconds (0.1#10.140)