Luhut Minta Permudah Pemenuhan Alat Tes Virus Corona dari Luar Negeri

Jum'at, 20 Maret 2020 - 08:55 WIB
Luhut Minta Permudah Pemenuhan Alat Tes Virus Corona dari Luar Negeri
Luhut Minta Permudah Pemenuhan Alat Tes Virus Corona dari Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Banyaknya perusahaan asing di bidang minerba, energi, dan lain-lain yang ingin memberikan bantuan alat tes virus corona atau Covid-19 dan alat kesehatan lainnya direspons serius oleh pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Bea Cukai, dan Direktur Angkasa Pura II telah menggelar rapat 'Video Conference' koordinasi lintas Kementerian dan lembaga, Kamis 19 Maret 2020.

Juru Bicara (Jubir) Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan, Menko Luhut sesuai dengan arahan Presiden Jokowi ingin cepat memenuhi kebutuhan alat-alat kesehatan yang mendesak untuk penanganan Covid-19.

"Birokrasi yang ketat terkait penerimaan barang dari luar negeri dalam konteks ini perlu dipermudah, walaupun harus tetap memastikan pengawasan," ujar Jodi kepada wartawan, Jumat (20/3/2020).

Selain itu, kata Jodi, rapat menyatakan sepakat bahwa semua langkah yang diambil harus satu komando di bawah pimpinan Kepala Badan Nasional Penagnggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

Menurut dia, kewenangan kementerian akan ditarik ke Satgas yang berada di bawah BNPB dan business process seluruh Kementerian/Lembaga, termasuk Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan lain-lain juga ditarik ke bawah komando BNPB.

Dia menambahkan, terkait 'business process', termasuk ketentuan hukumnya untuk menerima seluruh bantuan dari luar negeri (baik dari pemerintah, non-pemerintah, swasta) akan dipermudah untuk memenuhi kebutuhan penanganan penyebaran Covid-19.

Jodi menyampaikan bahwa Menko Luhut berharap agar dalam situasi seperti ini, seluruh pihak bisa menjaga kekompakan dan terus berkoordinasi satu sama lain untuk mencari jalan yang terbaik dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. "Guna mengatasi penyebaran Covid-19 dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5837 seconds (0.1#10.140)