Pemerintah Publikasikan Pasien Corona yang Sembuh untuk Tekan Ketakutan Warga

Selasa, 17 Maret 2020 - 12:01 WIB
Pemerintah Publikasikan...
Pemerintah Publikasikan Pasien Corona yang Sembuh untuk Tekan Ketakutan Warga
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institut (IPI) Karyono Wibowo menganggap, langkah pemerintah 'memperlihatkan' atau mempublikasikan pasien yang sudah sembuh dari virus corona diyakini ada maksud dan tujuannya.

"Menurut saya, langkah tersebut dilakukan untuk untuk mengurangi kepanikan dan ketakutan yang berlebihan terhadap masalah Corona," kata Karyono saat dihubungi SINDOnews, Selasa (17/3/2020).

Dia menuturkan, pesan yang ingin disampaikan dari langkah tersebut adalah membangun kepercayaan diri masyarakat bahwa Pemerintah Indonesia mampu menangani masalah dan berhasil menyembuhkan pasien yang terinfeksi corona.

"Maka dengan begitu, suasana kepanikan bisa mereda, akhirnya masyarakat tidak rerlalu paranoid terhadap wabah Covid-19 ini," ujar dia.

Di sisi lain, Karyono menyatakan, langkah pemerintah ini diharapkan efektif untuk memulihkan kepercayaan masyarakat bahwa wabah corona dapat diatasi. Paralel dengan itu, sudah tepat imbauan Presiden Jokowi agar pemerintah daerah tidak mengambil kebijakan sendiri-sendiri apalagi sampai mengambil langkah lockdown. (Baca Juga: Anggota DPR yang Juga Dokter Ini Bicara tentang Virus Corona).

Pasalnya, lanjut dia, jika masing-masing daerah mengambil langkah sendiri justru bisa menambah kepanikan masyarakat di pelbagai daerah. "Mengambil kebijakan lockdown itu tidak sembarangan karena efeknya sangat besar, ada efek 'domino' yaitu bisa merembet ke masalah sosial, ekonomi dan pelbagai bidang lainnya," tandasnya.

Diketahui, kemarin pemerintah memperlihatkan pasien corona yang sembuh. Ketiga pasien yang sembuh itu adalah pasien nomor 01,02, dan 03. Ketiga pasien itu pun dinyatakan boleh pulang dari rumah sakit.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)