alexametrics

Mulai Senin Uji Spesimen Corona Libatkan Lembaga Lain

loading...
A+ A-
TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk melibatkan lembaga lain dalam melakukan uji spesimen. Seperti diketahui saat ini uji spesimen dilakukan secar terpusat di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes.

“Mengenai pengecekan saya sudah perintahkan kepada Menkes agar laboratorium di luar Balitbangkes bisa melakukan (uji spesimen),” ujarnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/3/2020). (Baca juga: Pasien Positif Corona di Indonesia Melonjak, Dua di antaranya Balita)

Dia mengatakan ada beberapa lembaga yang dinilai mampu melakukan uji spesimen tersebut. Di antaranya Laboratorium milik Universitas Airlangga Surabaya dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.



“Kelihatannya mungkin Airlangga di Surabaya dan Eijkman. Secara teknis tanya ke Menkes,” ucapnya.

Jokowi juga memastikan bahwa kebutuhan logistik untuk uji laboratorium cukup banyak. Dia mengatakan bahwa baru-baru ini telah menambah 10 ribu kit untuk pemeriksaan laboratorium.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan bahwa pelibatan lembaga lain untuk uji spesimen Corona akan dimulai Senin mendatang. Lembaga lainnya tersebut antara lain Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL), Laboratorium milik Universitas Airlangga Surabaya dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Termasuk juga lembaga-lembaga lain yang sedang menjalani pelatihan. (Baca juga: Bertambah 35 Orang, Pasien Positif Corona Naik 100%)

“Pemerintah sudah memutuskan mulai Senin besok pemeriksaan laboratorium sudah bisa dilaksanakan bukan hanya di Balitbangkes,“ pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top