Kongres Demokrat Dipercepat, AHY Berpeluang Gantikan SBY

Selasa, 10 Maret 2020 - 17:28 WIB
Kongres Demokrat Dipercepat, AHY Berpeluang Gantikan SBY
Kongres Demokrat Dipercepat, AHY Berpeluang Gantikan SBY
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat akan menggelar kongres di Jakarta Convention Center (JCC) pada 14-15 Maret 2020. Pelaksanaan kongres lebih cepat dari yang semula direncanakan, yakni pada Mei 2020.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menduga percepatan kongres untuk mengantisipasi kemungkinan adanya intervensi dari luar.

Dengan demikian, sambung dia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang maju secara mulus menjadi Ketua Umum Partai Demokrat menggantikan ayahya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Bisa juga agar AHY aman jadi ketum Demokrat untuk menggantikan ayahnya," ujar Ujang kepada SINDOnews, Selasa (10/3/2020). (Baca Juga: Demokrat Puji Anies Baswedan: Imun Politiknya Sudah Cukup Kuat... )

Ujang meyakini Demokrat belajar dari pengalaman Partai Amanat Nasional (PAN) yang menggelar kongres beberapa waktu lalu.

Dia menilai ada indikasi ada intervensi pihak luar dalam kongres PAN yang dimenangkan Zulkifli Hasan mengalahkan kubu Amien Rais.

Mengenai sosok yang lebih pantas menggantikan SBY jika harus menyerahkan tampuk kepemimpinan, AHY dianggap lebih pantas.

Apalagi AHY pernah memimpin Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat lalu saat ini menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

"Selangkah lagi jadi ketum Demokrat," ujar Analis Politik asal Universitas Al Azhar Indonesia itu menandaskan. (Rakhmat)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6179 seconds (0.1#10.140)