Arab Saudi Tangguhkan Layanan Umrah, Menteri Agama: Demi Keselamatan

Kamis, 27 Februari 2020 - 17:43 WIB
Arab Saudi Tangguhkan Layanan Umrah, Menteri Agama: Demi Keselamatan
Arab Saudi Tangguhkan Layanan Umrah, Menteri Agama: Demi Keselamatan
A A A
JAKARTA - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menangguhkan sementara masuknya wisatawan ke negaranya, baik untuk tujuan umrah atau kunjungan wisata.

Kebijakan ini dikeluarkan hari ini oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Salah satu alasannya adalah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Menteri Agama Fachrul Razi memahami dan menghormati kebijakan yang dikeluarkan Arab Saudi. Menurut dia, kebijakan itu diambil tentu dengan mempertimbangkan kepentingan umat yang lebih besar.

Saudi juga bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan masyarakatnya, sekaligus mengamankan kelangsungan ibadah haji pada Juni-Agustus 2020 mendatang.

“Saya sangat memahami kebijakan tersebut. Apalagi, kebijakan itu bertujuan untuk memberi perlindungan kepada jamaah. Kesehatan jemaah umrah kita adalah hal utama,” tutur Fahcrul di Jakarta, Kamis (27/2/2020). (Baca Juga: Cegah Masuk Virus Corona, Arab Saudi Tangguhkan Umrah)

Dia juga mengimbau agar calon jamaah umrah memahami kebijakan Saudi dan sikap Pemerintah Indonesia, demi kebaikan jamaah itu sendiri.

Fachrul mengaku sudah meminta pada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA) di Indonesia, maupun Konsul Haji KJRI di Jeddah.

“Kita akan segera rumuskan langkah terbaik menyikapi kebijakan Saudi ini dengan penyelenggara umrah. Untuk saat ini, harap jemaah umrah memahami ketertundaan keberangkatannya. Semoga Pemerintah Saudi bisa segera menemukan upaya terbaik dalam pencegahan virus Corona sehingga niat jemaah untuk beribadah umrah bisa terlaksana kembali,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim meminta para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk sementara tidak memberangkatkan jemaah umrah ke bandara sampai dengan dibukanya kembali izin berkunjung ke Arab Saudi.

Jika ada jemaah yang saat ini sudah terlanjur berada di bandara keberangkatan, sambung dia, PPIU diminta tidak memaksakan keberangkatan dan memfasilitasi kepulangan mereka ke daerahnya masing-masing.

“Kami mengimbau agar calon jamaah umrah dapat tetap tenang dan memahami kebijakan Saudi dan sikap Pemerintah Indonesia demi kebaikan dan keselamatan jamaah itu sendiri,” lanjutnya.

Dia berencana untuk bertemu PPIU dan maskapai untuk mendiskusikan solusi atas malasah ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)