Fadli Zon Tegaskan Perlu Solusi Kreatif untuk Masalah Subsidi Perikanan

Jum'at, 21 Februari 2020 - 16:29 WIB
Fadli Zon Tegaskan Perlu Solusi Kreatif untuk Masalah Subsidi Perikanan
Fadli Zon Tegaskan Perlu Solusi Kreatif untuk Masalah Subsidi Perikanan
A A A
BELGIA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Fadli Zon (F-PGerindra) menghadiri sesi ke-45 Komite Pengarah Konferensi Parlemen mengenai Organisasi Perdagangan Dunia di Brussels, Belgia, Kamis 20 Februari 2020. Dalam pertemuan tersebut, Fadli Zon sebagai co-chair bersama dengan Ketua Komite Perdagangan Internasional Parlemen Eropa (INTA), Bernd Lange.

Dalam sesi pertama, Fadli Zon diperkenalkan oleh Bernd Lange ke sidang sesi INTA. Sesi pertama ini merupakan hearing antara INTA dengan negotiator Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dari berbagai negara untuk bertukar pandangan mengenai reformasi WTO.

Melalui pertemuan ini, Fadli Zon juga menyampaikan dari sudut pandang Indonesia sebagai negara maritim - harus ada solusi keberlanjutan di bidang perikanan agar tidak terjadi overfishing dan overcapacity. "Peraturan-peraturan yang mengatur tentang perikanan, seperti United Nations Fish Stocks Agreement dan Port State Measures Agreement, seharusnya tidak memberikan beban tambahan kepada negara-negara berkembang,"katanya.

Sesi ke-45 Komite Pengarah di Belgia ini juga membahas mengenai persiapan Konferensi Tingkat Menteri ke-12 WTO yang akan diadakan di Nur-Sultan, Kazakhstan pada bulan Juni mendatang. Dalam hal ini, Ketua BKSAP mengusulkan untuk merubah judul sesi pertama pertemuan tersebut menjadi “What Role is Expected from the Parliamentarians to Contribute to the 12th Ministerial Conference?”.

Fadli Zon menambahkan peran yang dapat dijalankan oleh Parlemen, dalam kerangka Konferensi Parlemen mengenai Organisasi Perdagangan Dunia (PCWTO), adalah menyusun suatu proposal tertulis atas nama PCWTO yang mengaitkan pembahasan mengenai reformasi WTO. Proposal tertulis ini akan berisikan saran-saran PCWTO tentang bagaimana WTO dapat melakukan reformasi struktural. Proposal ini juga dapat menjadi Annex dalam outcome document, dengan usulan awal dari Indonesia.

Tidak hanya itu, Fadli juga memberi saran perlunya mencakup pembahasan mengenai isu-isu terkini seperti wabah virus corona, dan pengaruh wabah tersebut terhadap ekonomi global.

Dalam pertemuan ini, Fadli Zon selaku Ketua BKSAP juga didampingi oleh anggota BKSAP, Andi Achmad Dara (F-PGolkar). Pertemuan ini menghasilkan keputusan-keputusan penting untuk persiapan sidang Konferensi Tingkat Menteri ke-12 di Kazakhstan, termasuk draf outcome document yang akan di sirkulasikan kepada seluruh anggota Komite Pengarah pada pertengahan bulan Maret tahun ini.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6251 seconds (0.1#10.140)