alexametrics

Budaya Indonesia Dinilai Punya Kemiripan dengan Negara di ASEAN

loading...
Budaya Indonesia Dinilai Punya Kemiripan dengan Negara di ASEAN
Budaya Indonesia Dinilai Punya Kemiripan dengan Negara di ASEAN
A+ A-
JAKARTA - Budaya Singapura dan beberapa negara di ASEAN, sebagai negara tetangga terdekat dari Indonesia memang tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Kondisi budayanya juga multikultural seperti di Indonesia.

(Baca juga: Dedi Mulyadi Miris Jati Diri Bangsa Indonesia Tergerus Budaya Asing)



Di mana orang Melayu, Cina, Arab, India, Bule, dan masih banyak lagi tinggal dan menetap di tempat negara ini. Mereka bekerja, sekolah, dan berbaur dengan semua ras yang ada.

(Baca juga: Generasi Milenial Jangan Minder Tampilkan Budaya Indonesia)

Karena itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadjamuddin Ramly saat memberikan Bimbingan Teknis Ketahanan Budaya di Lembang, KBB, Selasa (2/4/2019), menegaskan, agar generasi milenial di Indonesia harus berani menampilkan budaya bangsa Indonesia dan tidak silau atau mudah menyerap gemerlapnya budaya luar.

"Budaya Indonesia sangat kaya, mulai dari Sabang sampai Merauke. Tapi kenapa generasi milenial di kita banyak yang tergila-gila atau mudah terpengaruh dengan budaya luar. Seperti oleh K-Pop dari Korea, itu kan ironis," kata Nadjamuddin Ramly.



Di sisi lain, bahasa-bahasa yang digunakan di negara ASEAN, seperti di Malaysia dan Singapura pun tak jauh berbeda. Bahkan bahasa yang mereka gunakan juga menggunakan bahasa Melayu dan Inggris.

Hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang mengunjungi Singapura, baik untuk kepentingan pendidikan mereka, bekerja, maupun untuk berlibur.

Sedangkan untuk berlibur atau berkunjungan ke Singapura, bisa cek harga tiket ke Singapore melalui layanan Traveloka, akan sering Anda menemukan tiket-tiket dengan harga yang tak terlampau tinggi.

Ada referensi destinasi-destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika mengunjungi negara ini. Karena destinasi wisata ini juga menjadi destinasi yang banyak diminati wisatawan ketika ke Singapura.

Pertama Merlion Park, yang merupakan salah satu ikonnya Singapura dan setiap orang yang datang ke Singapura wajib sekali untuk berfoto di tempat ini dengan kepala singa berbadan ikan yang sangat terkenal.

Kedua Universal Studios, tempat kedua yang wajib berfoto dengan background bola dunia raksasa berwarna biru dengan tulisan Universal berwarna putih menjadi kegiatan yang wajib bagi setiap wisatawan.

Ketiga Sentosa Island. Tempat ini adalah pulau yang terpisah dari Singapura dan Anda bisa menjangkaunya dengan mengendarai kereta gantung. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan, sembarimenikmati pemandangan Singapura dari ketinggian.

Keempat, Haw Par Villa, tempatnya rekreasi sejarah budaya Cina. Di sini adalah sarana edukasi yang cocok jika membawa anak-anak untuk mengunjungi tempat ini. Jadi, liburan sekalian belajar.

Sedangkan referensi untuk penginapan, dengan harga ekonomis, ada Summer Tavern.
Inilah salah satu penginapan ekonomis yang bisa dipilih dengan biaya berkisar dari 150 ribu hingga 450 ribu per malamnya. Berlokasi di 31 Carpenter Street.

Kedua Coziee Lodge, berlokasi di 77 Geylang Road, Kallang, memungkinkan untuk bisa menjangkau destinasi wisata, seperti Kampong Glam dan Parko Bugis Junction dengan lebih dekat.

Ketiga Mori Hostel yang berlokasi di Rase Course Road Nomor 429, Little India. Biaya yang hanya sekitar 159.076 rupiah per malam ini tentu sangatlah terjangkau, apalagi bagi yang backpacker-an ke Singapura.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top