Menkes Sudah Siapkan Langkah Medis 243 WNI dari Wuhan

Rabu, 29 Januari 2020 - 06:04 WIB
Menkes Sudah Siapkan Langkah Medis 243 WNI dari Wuhan
Menkes Sudah Siapkan Langkah Medis 243 WNI dari Wuhan
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengaku sudah mempersiapkan langkah-langkah medis untuk 243 WNI dari Wuhan, China jika nanti mereka dipulangkan ke Indonesia. Pasalnya, jika WNI itu masih berada di Wuhan, pihaknya belum bisa bertindak lebih jauh.

"Tenang saja, Kemenkes itu sudah siapkan semua konsidensinya ya kan, termasuk nanti kalau sudah sampai Indonesia. Kemenkes kan menunggu sampai Indonesia, kalau di luar wilayah Indonesia kan bukan wilayah Menteri Kesehatan Indonesia, (tapi) Menteri Kesehatan Wuhan di sana," kata Terawan saat ditanya soal upaya evaluasi 243 WNI di Wuhan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Baca: Virus Corona, Pemerintah Bicarakan Bebas Visa China Dicabut).

Karena itu, Terawan melanjutkan, jika WNI tersebut sudah tiba di Indonesia, Kemenkes sudah mempersiapkan langkah-langkah medis, termasuk rumah sakit (RS) tempat mengisolasi 243 WNI tersebut jika mereka diduga terinfeksi. "Dan harus kalian sadari 243 orang itu semuanya dalam keadaan sehat sampai detik ini padahal dia ada di tengah tengah virus yang begitu ini," terangnya.

Menurut Terawan, hal itu membuktikan bahwa virus ini dibentengi oleh imunitas tubuh yang baik. Sehingga, jika imunitas baik maka bisa terhindar dari virus tersebut.

"Kita jaga kesehatan, gerakan masyarakat hiduo sehat diterapkan, virus nggak ada apa-apanya virus itu lawannya imun bukan vaksin dan bukan obat. Tetapi kondisi tubuh yang prima dan sehat bisa melawan virus, oke," tegas mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu.

Adapun suspect Corona di Tanah Air, Terawan siap mencari di manapun mereka berada guna memastikan bahwa mereka terjangkit atau tidak.

"Di mana? Kapan? Oh tenang kalau gitu malam ini saya ceknya. Tapi belum tahu nanti saya beri tahu. Aku kalau diberitahu saya pasti akan kejar di mana adanya ya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9099 seconds (0.1#10.140)