Ahli Sejarah RI Wafat, Usulan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Hadapi Jalan Terjal

Senin, 30 Desember 2019 - 16:16 WIB
Ahli Sejarah RI Wafat, Usulan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Hadapi Jalan Terjal
Ahli Sejarah RI Wafat, Usulan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Hadapi Jalan Terjal
A A A
JAKARTA - Prof M.C. Ricklefs, ahli sejarah Indonesia asal Australia wafat di Melbourne, Minggu (29/12/2019) pukul 10.30 waktu setempat. Ricklefs wafat pada usia 76 tahun.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Ricklefs. "Kami sangat berduka dan kehilangan," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Senin (30/12).

Politikus asal Partai Nasional Demokrat ini menyebut sejarawan Indonesia pasti mengenal Ricklefs. Sebab, kajian dan objek utama penelitian Ricklefs mengenai sejarah kerajaan-kerajaan Islam di Jawa dan pengaruhnya pada kerajaan-kerajaan lain di Nusantara.

Ricklefs banyak mengungkap aspek pergulatan masyarakat Jawa dalam menghadapi perubahan budaya pada masa 1600 hingga kini akibat masuknya pengaruh kebudayaan Islam dan Barat. “Karya besarnya menjadi sumbangsih luar biasa bagi dunia sejarah Indonesia, bahkan buku tulisannya, menjadi rujukan utama berbagai penelitian mengenai perkembangan Islam di Jawa dan Indonesia," ujarnya.

Lestari pun bercerita bahwa Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) tengah menginisiasi kembali usaha agar Ratu Kalinyamat, tokoh perempuan pemimpin dari Jepara mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah. Namun, upaya YDBL itu menuai penolakan. Sebab, keberadaan Ratu Kalinyamat menuai pertanyaan.

Di sisi lain, sebuah buku Ricklefs justru memperkuat keberadaan Ratu Kalinyamat. Dari situ, tim YDBL hendak menggelar seminar dan diskusi dengan Ricklefs membahas keberadaan Ratu Kalinyamat.

Kini gagasan itu pupus. Seminar yang direncanakan dengan angan-angan menghadirkan Ricklefs sebagai pembicara utama tidak akan mungkin dilakukan. “Selamat jalan Prof M.C. Ricklefs, doa kami menyertaimu," tuturnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5839 seconds (0.1#10.140)