Temui Mahfud MD, Menkes Terawan Laporkan Kondisi Kesehatan Nasional

Jum'at, 20 Desember 2019 - 11:48 WIB
Temui Mahfud MD, Menkes Terawan Laporkan Kondisi Kesehatan Nasional
Temui Mahfud MD, Menkes Terawan Laporkan Kondisi Kesehatan Nasional
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto melakukan pertemuan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta (20/12/2019).

Terawan mengatakan, dalam pertemuan itu dia melaporkan kondisi ketahanan kesehatan nasional saat ini. “Kami membahas mengenai ketahanan kesehatan nasional yang hubungannya ini kan soal perintah Pak Presiden,” katanya.

“Jadi mengenai pelayanan kesehatan, kemudian angka kematian ibu, anak, dan sebagainya itu kan berkaitan. Kalau ketahanan kita turun, runtuh kan juga akan mempengaruhi kesehatan global,” tambah Terawan.

Terawan mengatakan ia mendapatkan masukan dari Mahfud agar pelayanan kesehatan untuk masyarakat perlu ditingkatkan. “Karena itu kita diminta untuk apa yang menjadi masukannya supaya pelayanan kesehatan juga menjadi semakin baik melalui BPJS nya bisa diinikan.”

Selain itu, Terawan juga melaporkan mengenai angka kematian ibu, angka kematian bayi, termasuk bagaimana imunisasi dan vaksinasinya. “Juga mengenai stunting karena itu menyangkut ketahanan jangka panjang juga. Kalau kita main powernya tidak sehat ya otomatis di kemudian hari kita tak punya ketahanan yang baik,” jelasnya.

Kondisi kesehatan yang dilaporkan Terawan saat ini sudah sesuai jalur. Termasuk angka stunting dan kematian ibu dan bayi menurun. “Kondisi kesehatan sudah on the track, kan itu kita lihat angka stunting juga mulai turun. Angka kematian ibu, kematian bayi juga mulai turun. Kita ingin lebih inikan lagi,” tutupnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2737 seconds (0.1#10.140)