Jaga Kamtibmas, Komisi III DPR Minta Kapolres Bangun Komunikasi

Rabu, 20 November 2019 - 13:00 WIB
Jaga Kamtibmas, Komisi III DPR Minta Kapolres Bangun Komunikasi
Jaga Kamtibmas, Komisi III DPR Minta Kapolres Bangun Komunikasi
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR meminta seluruh Kapolres untuk bersinergi dan membangun komunikasi aktif kepada para pejabat baik di tingkat daerah tempatnya bertugas maupun di tingkat pusat sesuai dengan tupoksinya. Hal itu penting guna menjaga keamanan.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyampaikan melalui komunikasi yang baik, para Kapolres akan lebih banyak mengetahui ataupun menyampaikan kondisi terkini wilayah yang diamankannya. Terlebih dengan dinamika kembali terganggunya situasi Kamtibmas oleh para pelaku terorisme.

“Kapolres harus tanggap terhadap kondisi terkini keamanannya. Bagaimana menjaga keamanan lingkungan jika komunikasi dengan pejabat di daerah ataupun tingkat pusat diabaikan. Sementara yang ingin dikomunikasikan adalah mengenai Kamtibmas di daerahnya,” beber politikus Nasdem seusai Rapat Kerja Komisi III DPR dengan Polri, Rabu (20/11/2019).

Sebagai anggota Komisi III DPR, Sahroni mengaku, telah menyampaikan nama dan statusnya kepada sejumlah Kapolres terkait kondisi daerah pemilihan tapi masih saja diabaikan. ”Jika kami sebagai anggota dewan saja bisa diabaikan, bagaimana masyarakat biasa?” tegas Sahroni.

Dirinya menekankan, tanpa adanya komunikasi yang baik dapat berimbas pada pengabaian persoalan hukum dan arus informasi terhadap sebuah peristiwa kejahatan menjadi bias.

“Misalkan, anggota dewan menerima aspirasi dari masyarakat mengenai kejahatan di daerah tersebut. Sebagai anggota dewan tentunya informasi tersebut harus disampaikan lebih lanjut kepada anggota Polri terkait, dalam hal ini kepada Kapolres selaku pimpinan yang seharusnya mengenal baik kondisi keamanan di kota ataupun kabupaten tempatnya bertugas,” ujarnya.

Selain itu, ketika terjadi kejahatan luar biasa seperti terorisme, sebagai pimpinan wilayah maka Kapolres harus dapat menyampaikan kepada pejabat pemerintah ataupun anggota dewan mengenai kondisi aktual, sehingga informasi tidak menjadi bias atau bahkan memunculkan hoaks.

Dalam rapat kerja bersama Polri, Sahroni selaku pimpinan Komisi III berpesan kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz untuk mengingatkan jajarannya di tingkat Polres agar lebih responsif dan dan meningkatkan komunikasi yang baik. “Banyak sudah menyampaikan nama dan posisi, namun Kapolres menganggap enteng,” pesannya kepada Kapolri.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)