Ketua Komisi Dakwah MUI: Ucapan Sukmawati Lukai Umat Islam

Senin, 18 November 2019 - 19:44 WIB
Ketua Komisi Dakwah MUI: Ucapan Sukmawati Lukai Umat Islam
Ketua Komisi Dakwah MUI: Ucapan Sukmawati Lukai Umat Islam
A A A
JAKARTA - Pernyataan Sukmawati Soekarnoputri yang membandingkan Presiden pertama Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW terus menuai reaksi publik dan menjadi polemik.

Kali ini reaksi datang dari Ketua Komisi Dakwah dan Pengambangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), M Cholil Nafis. Dia menilai pernyataan putri Soekarno itu telah melukai perasaan umat Islam.

"Bagaimana pun ucapan Bu Sukmawati telah melukai perasaan umat Islam. Ada rasa kejanggalan dalam ucapannya," kata Cholil dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Senin (18/11/2019). (Baca Juga: Dinilai Nistakan Agama, Sukmawati Dilaporkan ke Polda Metro Jaya)

Oleh karena itu, kata dia, Sukmawati perlu belajar tentang Islam dan Pancasila dengan lebih baik.

Kendati demikian, Cholil menegaskan aparat penegak hukum harus tetap melakukan proses hukum jika ada yang mengadukan Sukmawati.

Sukmawati diharapkannya juga harus taat terhadap proses hukum. "Makanya harus diajari dengan proses hukum. Mungkin dulu dianggap karena tak paham dan minta maaf maka sekarang biar proses hukum saja berlangsung. Kita tunggu proses hukum," tuturnya.

Sebelum pernyataannya yang membanding Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW, Sukmawati juga pernah membuat kontroversial.

Membawakan puisi berjudul "Ibu Indonesia" saat acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Show 2018 lalu, Sukmawati juga membandingkan tentang kidung dan azan.

Berikut penggalan puisi yang dibacakan Sukmawati:

...Aku tak tahu syariat Islam
Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok
Lebih merdu dari alunan azan mu...

(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4420 seconds (0.1#10.140)