Era Globalisasi, Masyarakat Kian Praktis Tentukan Pilihan

Kamis, 14 November 2019 - 16:47 WIB
Era Globalisasi, Masyarakat Kian Praktis Tentukan Pilihan
Era Globalisasi, Masyarakat Kian Praktis Tentukan Pilihan
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi ternyata selain memudahkan masyarakat dalam melakukan interaksi sosial , juga telah mengikis sendi kehidupan masyarakat sekaligus menjauhkan nilai kearifan lokal dari generasi milenial.

Hal ini seperti diungkapkan Dekan Fakultas Hukum (FH) pada Universitas Medan Area (UMA), Rizkan Zulhyadi. Menurutnya, salah satu dampak negatif era globalisasi saat in adalah seperti hilangnya rasa nasionalisme, pengaruh narkoba yang semakin marak, hingga menjadi manusia yang individual serta tidak lagi memiliki kreativitas.

"Masyarakat Indonesia saat ini sangat dipengaruhi oleh budaya asing melalui globalisasi yang masuk," tuturnya dalam keterangan resminya, Sabtu (9/11/2019).

Sementara dampak positifnya seperti kegiatan komunikasi dengan menggunakan ponsel bisa dilakukan baik dengan memanfaatkan kartu SIM dengan sistem prabayar maupun pascabayar. Tentunya, kedua pilihan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, dan masyarakat bebas untuk menentukan manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebab pulsa merupakan salah satu kebutuhan masyarakat masa kini, beberapa pihak pun menghadirkan layanan pengisian pulsa secara online untuk program prabayar, agar prosesnya menjadi lebih mudah dan praktis.

Namun, meski kalah jumlah dengan pengguna layanan prabayar, banyak pihak yang memberikan kemudahan pada pelanggan pascabayar dalam melunasi tagihan mereka secara online, baik melalui website maupun aplikasi penyedia layanan tersebut.

Hadirnya layanan pembayaran tagihan secara online memang sudah bukan merupakan hal yang baru. Namun, karena teknologinya terus dikembangkan, kini cara tersebut menjadi semakin efektif dan efisien, sehingga pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ditambah lagi, dengan diterapkannya sistem cashless payment dimana upaya pelunasan telah terintegrasi dengan mobile atau internet banking, pembayaran pun jadi lebih mudah dan praktis.

Nah, jika salah satu pengguna layanan seluler pascabayar atau yang tertarik untuk beralih ke layanan tersebut, Cermati merupakan penyedia layanan pembayaran tagihan pascabayar yang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai program seluler pascabayar dan juga layanan dari Cermati, mari simak ulasan berikut ini.

Ketika tengah berkomunikasi namun mau tak mau harus terhenti karena kehabisan pulsa tentu merupakan momen yang sangat menyebalkan, bukan? Bagi pengguna kartu prabayar, kejadian yang demikian sangat mungkin sekali untuk terjadi.

Ditambah lagi, pengguna kartu prabayar juga memiliki waktu yang terbatas untuk menggunakan layanan selulernya, atau biasa disebut dengan masa aktif. Jika sudah memasuki masa tenggang dan lupa untuk mengisi ulang pulsa, aktivitas seluler pun tidak akan bisa dilakukan. Tentunya, kejadian yang demikian bisa membuat kesal, terutama saat dalam keadaan urgent.

Nah, layanan seluler pascabayar memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin berkomunikasi maupun mengakses internet tanpa terkendala masalah tersebut. Dengan demikian, tentu tak ada salahnya Anda beralih menjadi pengguna kartu pascabayar untuk mendapatkan kenyamanan dalam menjalankan aktivitas seluler. Layanan seperti pascabayar Telkomsel , XL, Indosat, dan Smartfren memang sudah banyak tersedia dengan mudah di Indonesia.

Hanya dengan menjalankan kewajiban untuk membayar tagihan penggunaan per bulannya, pelanggan pascabayar bisa menggunakan layanan seluler kapanpun dan juga dimanapun. Dengan demikian, perasaan pun bisa jadi lebih tenang.

Kenalan dengan Cermati, Penyedia Layanan Kekinian untuk Bayar Tagihan Pascabayar KIni, orang-orang yang dibebani tanggung jawab untuk membayar tagihan seluler pascabayar bisa melunasi tanggungan mereka hanya dengan memanfaatkan gadget saja, yakni melalui website atau aplikasi.

Bisa dituju dengan mengetikkan cermati.com pada kolom pencarian browser atau dengan mengunduh aplikasinya dari play Store maupun app Store, pembayaran tagihan pascabayar bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang singkat.

Selain tagihan pascabayar, Anda juga bisa sekaligus membayar tagihan lainnya maupun melakukan top up melalui Cermati. Jadi, dalam sekali jalan, beberapa tanggungan Anda sudah bisa dibereskan hanya dengan memanfaatkan Cermati. Dengan cara tersebut, waktu pun bisa dihemat, sehingga tidak mengganggu produktivitas Anda.

Sebelum menggunakan Cermati sebagai sarana untuk membayar tagihan pascabayar, Anda harus memiliki akun pada layanan tersebut terlebih dahulu. Jika belum ada, registrasinya pun sangat mudah, yakni hanya perlu meng-input e-mail, password, nama pengguna, serta verifikasi nomor telepon saja.

Nah, pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan memilih menu “top up & tagihan”, lalu tekan pada opsi “pascabayar”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi nomor ponsel, lalu nominal tagihan akan muncul di layar.

Langkah berikutnya, tekan tombol “beli sekarang”, dan lanjutkan dengan memilih metode pembayarannya.

Jika sudah beres, segera lakukan pembayaran sesuai dengan pilihan Anda. Terakhir, lakukan verifikasi transaksi, dan tagihan pascabayar pun sudah terlunasi.

Meski Praktis, Jangan Sampai 'Kalap' Saat Pakai Layanan Seluler Pascabayar Penggunaan layanan seluler dengan sistem pascabayar memang sangat efektif, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Namun, jika ‘kalap’ alias tak bisa mengontrol penggunaannya, bukan tidak mungkin akan dikejutkan dengan nominal tagihan yang muncul pada bagian checkout.

Untuk itu, jika memutuskan untuk menggunakan layanan pascabayar, tentukan batasan penggunaannya agar tak sampai berlebihan. Selain agar menghindarkan diri dari tagihan yang besar, upaya tersebut juga sekaligus menjadi upaya untuk mengontrol penggunaannya agar selalu teratur.

Jika demikian, nominal tagihan pun bisa diusahakan untuk tetap stabil, sehingga alokasi dana per bulan untuk kebutuhan tersebut bisa tersedia dengan jumlah yang cukup akurat. Mudah sekali kan cara untuk menikmati layanan pascabayar tanpa khawatir dengan tagihannya nanti.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4432 seconds (0.1#10.140)