Tari Tradisional Indonesia Meriahkan Festival Budaya Antarbangsa di Mekkah

Rabu, 13 November 2019 - 07:04 WIB
Tari Tradisional Indonesia Meriahkan Festival Budaya Antarbangsa di Mekkah
Tari Tradisional Indonesia Meriahkan Festival Budaya Antarbangsa di Mekkah
A A A
MEKKAH - Tari tradisional Indonesia lintas daerah turut memeriahkan Festival Budaya Antarbangsa, yang berlangsung di salah satu kampus di Mekkah. Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antarmahasiswa asing yang belajar di sana.

Konsulat Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin didampingi Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah Agus Muktamar turut menghadiri pembukaan Festival Budaya Antarbangsa itu yang diadakan untuk pertama kali di Universitas Ummul Qura Mekkah, Senin (11/11/2019) waktu setempat.

Kegiatan yang diadakan di Gedung Ekstrakurikuler Universitas Ummul Quro ini diikuti oleh 24 negara yang menampilkan budaya, makanan khas, dan keindahan wisata masing-masing negara yang berpartisipasi pada kegiatan ini.

Kehadiran Konjen RI Jeddah pada pembukaan kegiatan ini disambut oleh Pembantu Rektor Bagian Kemahasiswaan Universitas Ummul Qura, Umar Siraj Sunbul dan Ketua Penyelenggara Festival, Yasir Al Hazmi.

Acara pembukaan dihadiri lebih dari 1.000 pengunjung yang dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional lintas daerah Indonesia yang dibawakan oleh pelajar Sekolah Indonesia Mekkah.

Konjen menyampaikan apresiasi kepada pihak kampus atas penyelenggaraan event ini. "Universitas Ummul Qura merupakan lembaga paling prestisius di Arab Saudi. Saya menyambut baik berbagai inisiatif kampus dalam memperkenalkan keragaman budaya di kampus ini," ujar Hery Saripudin dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (12/11/2019) malam.

Sementara itu, Pelaksana Pensosbud KJRI Jeddah Agus Muktamar menyampaikan, saat ini tercatat 38 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan dari jenjang diploma hingga S3 di kampus Ummul Qura Makkah. "Mereka yang diharapkan menjadi agen yang mempromosikan budaya dan produk unggulan Indonesia," katanya.

Festival Budaya Antarbangsa terbuka untuk umum dan berlangsung dari Senin hingga Kamis besok, mulai pukul 10.00 pagi hingga 14.00 siang Waktu Arab Saudi (WAS).

Selain untuk mempererat hubungan kekeluargaan antarmahasiswa asing yang belajar di Universitas Ummul Qura, kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan ragam budaya negara-negara mahasiswa yang sedang belajar di sana kepada masyarakat Saudi, khususnya yang berada di Mekkah.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4561 seconds (0.1#10.140)