Masyarakat Indonesia di Ethiopia Peringati Hari Pahlawan di Perusahaan Garmen

Senin, 11 November 2019 - 05:13 WIB
Masyarakat Indonesia di Ethiopia Peringati Hari Pahlawan di Perusahaan Garmen
Masyarakat Indonesia di Ethiopia Peringati Hari Pahlawan di Perusahaan Garmen
A A A
KOTA HAWASSA - KBRI Addis Ababa bersama sekitar 150 masyarakat Indonesia di Kota Hawassa menyelenggarakan peringatan Hari Pahlawan dengan mengadakan upacara di sebuah pabrik perusahaan garmen Indonesia di Kota Hawassa, 270 Km selatan Kota Addis Ababa, Minggu 10 November 2019. Masyarakat Indonesia tersebut bekerja di dua perusahaan Indonesia dan satu perusahaan Hong Kong yang dipimpin pengusaha Indonesia.

Dua perusahaan Indonesia tersebut adalah Busana Apparel Group/Century Garment Plc dipimpin oleh Joseph Jaya Kumar dan PT Sumber Bintang Rejeki/Sumbiri Intimate Apparel Plc dipimpin oleh Rodolfo Angala. Sedangkan perusahaan Hong Kong yang dipimpin Iksan Santoso Supadi, orang Indonesia adalah TAL Plc.

Upacara dipimpin oleh Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika berkedudukan di Addis Ababa. Pimpinan perusahaan dan sejumlah staf KBRI Addis Ababa juga mengikuti upacara. Pada upacara tersebut, Duta Besar Al Busyra Basnur membacakan sambutan Menteri Sosial RI.

Nur Ikhsan, karyawan Century Plc usai upacara mengatakan sangat terkesan karena upacara mengingatkan semua orang kepada jasa besar para pahlawan bangsa. Sudah lama sekali ia tidak mengikuti upacara seperti ini.

"Saya berpesan agar pemuda Indonesia mampu mendorong upaya memperkuat persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa," ujarnya melalui rilis yang diterima SINDOnews.

Bagi Minarti karyawan Sumbiri, upacara Hari Pahlawan sangat berguna untuk meningkatkan nasionalisme dan mendorong semangat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Minarti meminta agar generasi muda meneruskan perjuangan pahlawan bangsa dengan pengabdian dan karya yang nyata.

Sementara itu Dwi Sari Handayani, karyawati perusahaan TAL, mengatakan upacara peringatan hari pahlawan mengingatkannya kembali kepada kebesaran bangsa dan negara Indonesia. Kemerdekaan Indonesia diraih melalui pengorbanan harta dan nyawa pahlawan bangsa. Sari meminta agar pahlawan selalu dihormati dan kita doakan.

“Upacara peringatan Hari Pahlawan sengaja diadakan di lokasi perusahaan Indonesia di Hawassa karena mayoritas masyarakat Indonesia di Ethiopia tinggal dan bekerja disana. Tidak mudah bagi saudara-saudara kita di Hawassa untuk datang ke KBRI Addis Ababa menghadiri peringatan Hari Pahlawan,” tutur Duta Besar Al Busyra.

Masyarakat Indonesia di Ethiopia berjumlah sekitar 200 orang. 150 di antaranya bekerja di Kota Hawassa dan 50 orang lainnya di Addis Ababa.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6548 seconds (0.1#10.140)