BJ Habibie, Presiden RI Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Kamis, 12 September 2019 - 11:14 WIB
BJ Habibie, Presiden RI Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata
BJ Habibie, Presiden RI Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata
A A A
JAKARTA - Kabar wafatnya Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggalkan duka mendalam bagi seluruh bangsa Indonesia. Habibie banyak disebut orang sebagai Bapak Teknologi Indonesia dengan 'blue printnya' mencipatkan Pesawat Gatot Kaca N250 yang cukup populer di kalangan dunia penerbangan saat itu.

Kini, tokoh teknologi itu telah berpulang dipanggi menghadap Sang Maha Esa. Rencananya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Habibie yang dikenal rendah hati itu rencananya akan dimakamkan di samping 'pusara' istri tercinta, Ainun Habibie. Adapun Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Irup pemakaman Habibie yang dilaksanakan secara militer dan kenegaraan.

Dari penelusuran informasi yang dihimpun SINDOnews, ternyata Habibie satu-satunya Presiden RI pertama yang akan dimakamkan TMP Kalibata. Presiden sebelum Habibie, seperti Soekarno, Soeharto dan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dimakamkan di luar TMP Kalibata.

Diketahui bersama, Presiden pertama RI Soekarno dikebumikan di Blitar, Jawa Timur. Kemudian Presiden kedua RI, Soeharto dimakamkan di Kompleks Makam Astana Giri Bangun, Surakarta dan Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)