MNC Peduli Kembali Gelar Operasi Katarak dan Hernia Gratis

Selasa, 10 September 2019 - 17:42 WIB
MNC Peduli Kembali Gelar...
MNC Peduli Kembali Gelar Operasi Katarak dan Hernia Gratis
A A A
JAKARTA - MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih kembali menggelar kegiatan operasi gratis hernia dan katarak kepada masyarakat prasejahtera. Bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah, kegiatan operasi kali ini ditujukan bagi warga Gombong, Kebumen dan sekitarnya.

Peserta operasi tidak hanya berasal dari Gombong, melainkan juga dari beberapa kecamatan sekitarnya seperti Pejagoan, Rowokele, Prembun, Karanggayam, Buayan, serta ada juga yang berasal dari Kabupaten lainnya seperti Cilacap dan Wonosobo.

Dalam kegiatan sosial ini, MNC Peduli menargetkan 50 pasien hernia dan 100 pasien katarak dioperasi hingga Desember 2019. Jumlah pasien hernia yang sudah berhasil dioperasi hingga September 2019 sebanyak 19 orang. Pada hari ini, delapan pasien hernia akan menjalani operasi.

Sedangkan untuk pasien katarak yang sudah berhasil dioperasi sebanyak 29 orang dan hari ini rencananya 10 pasien akan menjalani operasi. Pelaksanaan operasi hernia dan katarak akan dilakukan tim dokter RS PKU Muhammadiyah secara bertahap hingga target peserta terpenuhi sampai dengan akhir 2019.

Selain di Gombong, kegiatan ini juga dilakukan di Semarang, Lampung dan beberapa kabupaten di Jawa Timur. Hingga awal September 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih mencapai 700.000 pasien.

Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengungkapkan kegiatan MNC Peduli bersama dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong ini sudah beberapa kali dilaksanakan dan akan terus dilakukan karena masih banyak masyarakat yang kurang mampu untuk pergi berobat.

“Tentunya kerja sama dengan PKU MUhammadiyah ini akan kita lakukan tidak hanya operasi katarak maupun hernia tapi juga pada penyakit lain. Target kita untuk kali ini di RS PKU Muhammadiyah Gombong, pasien katarak bisa mencapai 100 orang hingga akhir tahun begitu juga dengan hernianya. Harapannya bisa tercapai, kita mulai hari ini dan berakhir Desember.” Lanjut Syafril.

Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial melalui MNC Peduli, kata dia, dapat menyalurkan bantuannya melalui rekening bank atas nama Yayasan Jalinan Kasih melalui MNC Bank 100-01-00000-9851-5, Bank Mandiri 103-00099-0000-8, Bank BRI 0206-01-005001-30-8, dan Bank BCA 681-5088-119.

”Bagi yang ingin mengajukan permohonan bantuan pengobatan dapat menghubungi ke nomor 021-3909-103 atau membuka Fanspage di Facebook dengan akun Yayasan Jalinan Kasih,” ujarnya.

Dokter Umum RS PKU Muhammadiyah Gombong Muh. Miftahuddin mengatakan, kegiatan ini sangat positif mengingat penderita penyakit katarak dan hernia angkanya cukup besar di Kebumen.

“Ini sangat membantu bagi kami terutama rumah sakit sebagai fasilitas penyelenggara kesehatan bagaimana mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Mereka para penderita katarak yang tadinya tidak bisa beraktivitas sehari-hari dengan baik dengan operasi ini mereka sangat terbantu, mereka kini memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan bisa beraktivitas sehari-hari serta lebih produktif” ujarnya.

Ade Wasjan,65, salah satu pasien dari Desa Mulyasari, Majenang, Cilacap mengaku menderita penyakit katarak selama lima tahun dan belum pernah berobat karena terkendala biaya.

“Saya senang sekali seperti mendapat hadiah. Saya ingin hidup normal kembali, beraktivitas kembali. MNC Peduli Yayasan Jalinan Kasih dan RS PKU Muhammadiyah Gombong sangat membantu buat orang-orang kurang mampu termasuk saya. Mudah-mudahan rumah sakit dan MNC Peduli lebih maju dan lebih barokah,” doanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0344 seconds (0.1#10.140)