Bangku Kosong Dominasi Rapat Paripurna HUT DPR

Kamis, 29 Agustus 2019 - 12:52 WIB
Bangku Kosong Dominasi Rapat Paripurna HUT DPR
Bangku Kosong Dominasi Rapat Paripurna HUT DPR
A A A
JAKARTA - Rapat paripurna masa persidangan I tahun 2019-2020 tidak dihadiri seluruh anggota DPR. Padahal rapat paripurna itu digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 DPR.

Hanya 110 anggota DPR yang sudah berada di dalam ruang paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (29/8/2019), berdasarkan hitungan manual hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, berdasarkan absensi Sekretariat Jenderal DPR RI, hanya 297 orang anggota DPR. Ada 263 orang anggota DPR yang absen dalam rapat paripurna yang dihadiri lima pimpinan DPR itu.

"Dalam perjalanan menata kelembagaan, DPR selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada masyarakat," ujar Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam pidatonya.

Untuk itu, kata dia, DPR sudah memulai program parlemen modern sejak 2015 hingga sekarang. Dia mengatakan, sejumlah capaian telah berhasil diraih, akan tetapi konektivitas antara DPR dengan masyarakat yang menjadi konstituen masih perlu ditingkatkan, untuk mendorong partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan dengan target audiens yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Inisiatif open parliament melengkapi dan memperkuat parlemen modern yang telah lama digagas DPR. Dengan adanya open parliament, inisiatif kolaborasi dan partisipasi masyarakat di DPR semakin terbuka, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan representasi masyarakat," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu.

Dia mengatakan, kehadiran DPR pada dua forum Global Legislative Openness Conference di Ukraina pada April 2017 dan Open Governement Summit di Georgia pada Juli 2018 merupakan bentuk komitmen parlemen dalam mendorong keterbukaan informasi publik.

"Dalam rangkaian hari ulang tahun ke-74, DPR juga melakukan berbagai kegiatan guna semakin mendekatkan diri kepada rakyat sekaligus sebagai wujud keterbukaan parlemen dalam rangka membangun Indonesia unggul," ujar politikus Partai Golkar ini.

Adapun beberapa kegiatan tersebut antara lain Gowes Sehat DPR Bersama Rakyat, Stand Up Comedy Kritik terhadap DPR, Lomba Panjat Bambu Betung, Lomba Mewarnai untuk Anak-Anak, Pesta Rakyat Dangdut Pro-Rakyat, serta Pameran dan Lomba Burung Berkicau.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7203 seconds (0.1#10.140)