Alissa Wahid Ajak Semua Pihak Dorong Kondusivitas di Papua

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 18:37 WIB
Alissa Wahid Ajak Semua Pihak Dorong Kondusivitas di Papua
Alissa Wahid Ajak Semua Pihak Dorong Kondusivitas di Papua
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Gerakan Suluh Kebangsaan, Alissa Wahid mendorong semua pihak menahan diri dan berpartisipasi aktif dalam menciptakan suasana kondusif di tanah Papua.

Pemerintah termasuk TNI-Polri juga perlu mengedepankan dialog konstruktif bersama tokoh-tokoh Papua untuk mencari jalan keluar terbaik demi kepentingan masyarakat Papua.

”Semaksimal mungkin pemerintah mengambil tindakan damai yang cepat, terencana, dan tepat, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku sehingga tidak jatuh korban lagi," ujar Alissa di Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

Menurut putri sulung mantan Presiden almarhum Abdurrahman Wahid itu, semua orang harus dipandang memiliki martabat yang sama dan kedudukan setara sebagai bangsa Indonesia. Selain keharusan menciptakan etika sosial kesetaraan dan kesederajatan tersebut, lanjut dia, yang tidak kalah pentingnya adalah penegakan hukum bagi pelaku rasisme tersebut.

”Kita semua juga harus menyadari dan waspada kemungkinan situasi seperti itu dimanfaatkan oleh orang-orang atau sekelompok orang yang memiliki kepentingan tertentu untuk keuntungan dirinya dan kelompoknya yang pada gilirannya akan merusak persatuan dan kesatuan NKRI,” tambah dia.

Alissa mengatakan, kepercayaan di antara semua komponen bangsa harus terus-menerus ditingkatkan agar tidak terjadi saling curiga. Masyarakat Indonesia perlu saling mengenal dan saling peduli terhadap situasi batin dan karakter satu sama lain secara baik dan mendalam.

”Pergaulan dan pendidikan kita perlu dikembangkan secara intensif agar memberikan pengenalan dan kesadaran akan kesederajatan bagi semua orang dan semua komponen bangsa," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Alissa, pihak aparat penegak hukum agar menindak tegas oknum pelaku rasisme yang memicu kerusuhan dan mencegah terjadinya kejadian serupa. Di samping itu, semua komponen bangsa harus ikut meredam permasalahan ini dengan menjunjung tinggi persamaan derajat sesama bangsa Indonesia.

”Semua komponen bangsa selalu menjunjung tinggi persamaan derajat sebagai sesama bangsa Indonesia, mencegah terjadinya tindakan diskriminatif, menghargai local values,” pungkasnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9094 seconds (0.1#10.140)