Banyak Perkara Gugur di MK, Bawaslu Apresiasi Penyelenggara Pemilu

Kamis, 08 Agustus 2019 - 14:58 WIB
Banyak Perkara Gugur di MK, Bawaslu Apresiasi Penyelenggara Pemilu
Banyak Perkara Gugur di MK, Bawaslu Apresiasi Penyelenggara Pemilu
A A A
JAKARTA - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Soregar menyatakan, apresiasinya kepada penyelenggara pemilu tingkat daerah, baik KPU maupun Bawaslu.

Menurutnya, mereka sudah bekerja apik dalam menghadapi sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). "Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman penyelenggara (daerah)," kata Frits di Gedung MK, Jakarta, Kamis (8/8/2019.

Hal tersebut diungkapkannya, lantaran sampai hari ketiga ini banyak perkara pileg yang disengketakan di MK, dinyatakan gugur atau ditolak. "Hampir semuanya ditolak, tidak ada yang diterima," tegasnya.

Fritz menilai, dokumen yang disiapkan para penyelenggara merupakan bukti konkret kerja-kerja KPU dan Bawaslu dalam melaksanakan Pemilu 2019. "Ini merupakan transparansi kerja penyelenggara pemilu baik di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi," katanya.

Dia mengatakan pertimbangan majelis MK dalam memutus perkara PHPU melihat kesesuaian antara bukti KPU selaku termohon dan Bawaslu sebagai pemberi keterangan. "Itu dijadikan dasar saat mahkamah harus memutus (perkara)," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7420 seconds (0.1#10.140)