Sejumlah Alternatif Transportasi dari Yogyakarta Menuju Jakarta

Minggu, 04 Agustus 2019 - 07:01 WIB
Sejumlah Alternatif...
Sejumlah Alternatif Transportasi dari Yogyakarta Menuju Jakarta
A A A
JAKARTA - Bagi pelancong, rute Yogyakarta-Jakarta atau sebaliknya merupakan salah satu rute perjalanan yang paling banyak dipilih. Rute ini juga memiliki berbagai alternatif pilihan moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum seperti kereta api dan pesawat.

Dari sekian banyak pilihan moda transportasi yang ada, mana yang kiranya menjadi opsi terbaik dalam setiap perjalanan? Mari simak ulasannya berikut ini.

Dari Yogyakarta-Jakarta dengan kereta api banyak dipilih wisatawan Jakarta untuk menuju Yogyakarta adalah kereta api. Saat ini, moda transportasi sudah mengalami peningkatakan dalam layanannya. Rute-rute baru banyak dibuka dan kualitas gerbong kereta yang digunakan sudah lebih baik.

Sejumlah Alternatif Transportasi dari Yogyakarta Menuju Jakarta


Untuk rute Jakarta-Yogyakarta, bisa memilih kereta api eksekutif dengan pelayanan nomor satu yang dilengkapi dengan tempat duduk reclining seat, gerbong makan, tempat charger, toilet yang bersih, dan pendingin ruangan.

Di beberapa rangkaian gerbong kereta api eksekutif, saat ini bahkan sudah ada tempat salat yang memudahkan Anda untuk beribadah. Namun, jika ingin lebih berhemat, maka bisa memilih kereta api Yogyakarta-Jakarta kelas bisnis maupun ekonomi.

Jika berangkat dari Yogyakarta menuju Jakarta, maka bisa memilih untuk naik dari dua stasiun utama yang ada, yaitu Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Kereta eksekutif biasanya hanya akan berhenti di Stasiun Tugu. Namun, jika naik kereta api ekonomi, bisa naik dari Stasiun Lempuyangan untuk kemudian menuju Jakarta.

Sesampainya di Jakarta, bisa memilih untuk turun di Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen. Kereta Argo Dwipangga, Taksaka Malam, Argo Lawu, Gajayana, Taksaka Pagi, dan Bima bisa berhenti di Stasiun Gambir.

Sedangkan kereta yang berhenti di Pasar Senen adalah Fajar Utama Yogya, Senja Utama Solo, Krakatau, dan Progo. Pastikan naik kereta yang tepat, sesuai dengan stasiun naik dan turun yang diinginkan. Untuk rute, bisa cek di website KAI maupun Traveloka.

Di samping kereta, juga bisa memilih untuk menempuh Yogyakarta-Jakarta dengan menggunakan bus. Moda transportasi ini memiliki waktu tempuh yang lebih lama daripada kereta api, sekitar dua belas jam atau lebih, bergantung dengan kondisi lalu lintas saat Anda berangkat.

Dari Yogyakarta, bisa naik bus antarprovinsi di Terminal Giwangan atau Terminal Jombor. Hanya dua terminal inilah yang melayani rute antar provinsi Yogyakarta-Jakarta. Ketika sampai Jakarta, bisa turun Rawamangun, Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Pasar Minggu, Kalideres, Pinang Ranti, dan titik lainnya.

Beberapa perusahaan operasional bus yang melayani rute Yogyakarta-Jakarta ini antara lain Lorena, Handoko, Sumber Alam, Pahala Kencana, Laju Prima, dan lainnya. Ada baiknya cek dan membeli tiket sejak jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan mendekati waktu keberangkatan. Anda bisa datang ke agen bus terdekat atau kunjungi website Traveloka.

Jika dengan pesawat, moda transportasi yang satu ini tentu banyak menjadi pilihan para pelancong yang ingin menempuh Yogyakarta-Jakarta hanya dalam beberapa jam saja. Pesawat memang memiliki waktu tempuh tercepat jika dibandingkan kereta api dan bus. Oleh karena itu, pesawat jadi pilihan terbaik saat Anda ingin menghemat waktu perjalanan.

Perlu diketahui bahwa tiket pesawat dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari dua transportasi lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika merencanakan perjalan lebih awal dan melakukan pemesanan beberapa hari atau bahkan minggu sebelum keberangkatan. Tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat pengeluaran.

Merencanakan perjalanan sejak jauh hari juga memudahkan untuk mendapatkan tiket pesawat dari maskapai yang diinginkan. Bukan rahasia lagi jika maskapai yang menjadi favorit akan lebih cepat menjual tiketnya daripada maskapai yang tidak terlalu ramai penumpang. Sebab itulah, harus mengecek harga dan mem-booking tiket beberapa waktu sebelum pergi.

Apapun pilihan transportasi untuk menempuh Yogyakarta-Jakarta, pastikan untuk cek harga sebelum keberangkatan. Ingat, harga tiket terbaik bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan harga tiket terbaik ini.

Chief Executive Officer (CEO) of Traveloka Transport, Caesar Indra mengatakan, jika menggunakan fitur Price Alert dari Traveloka yang akan memberikan notifikasi harga tiket sesuai bujet.

"Cukup masukkan batasan harga tiket yang diinginkan dan biarkan Traveloka memberikan notifikasinya pada. Mulai dengan cek rute Jakarta-Jogja Traveloka untuk tahu kapan waktu terbaik keberangkatan," kata Caesar Indra.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0489 seconds (0.1#10.140)