Meninggal di Pesawat, Jamaah Haji Indonesia Dimakamkan di Jeddah

Minggu, 28 Juli 2019 - 12:06 WIB
Meninggal di Pesawat, Jamaah Haji Indonesia Dimakamkan di Jeddah
Meninggal di Pesawat, Jamaah Haji Indonesia Dimakamkan di Jeddah
A A A
JEDDAH - Saniah Sarkosi, calon jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia di pesawat dalam perjalanan ke Tanah Suci dimakamkan di Jeddah, Minggu (28/7/2019) pagi Waktu Arab Saudi (WAS). Almarhumah dikuburkan di kompleks Cemetery Al Rahma yang berada di tengah kota.

Sebelum dikuburkan, jenazah Saniah disalatkan di Masjid Ummu Abdurrahman yang berada persis di sebelah kompleks pemakaman. Ratusan jamaah salat subuh, baik warga lokal maupun petugas haji Indonesia ikut mensalatinya. Setelah itu, pekerja pemakaman langsung membawa jenazah jamaah haji dari kelompok terbang (kloter) 64 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) tersebut menuju tempat pemakaman.

Pemakaman berlangsung sangat cepat. Tak lebih dari setengah jam untuk menyelesaikan prosesi penguburan. Setelah selesai, orang-orang lalu menghadap kiblat dan mendoakan almarhumah agar diampuni dosanya, diberikan rahmat, sejahtera, dan dimaafkan segala kesalahannya.

"Almarhumah dimakamkan di lorong 12 nomor 4," kata Muhammad Syafii Hasyim, staf bagian penanganan haji dan umrah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) usai pemakaman, Minggu (28/7/2019) pagi.

Untuk diketahui, Saniah Sarkosi meninggal dunia saat berada di pesawat sebelum mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Menurut Kepala Seksi (Kasie) Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Karmidjono Pontjo, perempuan berusia 67 tahun tersebut diduga mengalami serangan jantung.

Hingga Minggu (28/7/2019) pukul 07.04 WAS, jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia mencapai 25 orang. Dari jumlah itu, empat di antaranya wafat di pesawat saat perjalanan ke Tanah Suci. Masing-masing Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (SOC 2), Artapiah Armin Musahab (JKG 8), Supardjo Rata Ilyas (JKS 41), dan Saniah Sarkosi (JKS 64).
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7719 seconds (0.1#10.140)