Saksi Sebut Rommy Tidak Mengetahui Muwafaq Serahkan Uang

Kamis, 13 Juni 2019 - 09:35 WIB
Saksi Sebut Rommy Tidak Mengetahui Muwafaq Serahkan Uang
Saksi Sebut Rommy Tidak Mengetahui Muwafaq Serahkan Uang
A A A
JAKARTA - Sidang kasus dugaaan suap jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) kembali digelar di Pengadilan Tidak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Selasa (12/6/2019) sore hingga tadi malam. Dalam sidang ini sejumlah saksi menyampaikan bahwa Romahurmuziy (Rommy) tidak mengetahui adanya penyerahan duit yang dilakukan Kakanwil Kemenag Gresik Muwafaq Wirahadi di Surabaya pada 15 Maret 2019 silam.

Kesaksian ini misalnya disampaikan oleh ajudan Rommy, Amin Nuryadi saat ditanya JPU KPK. Menurut Amin, ia menerima tas kertas dari Muwafaq saat akan berjalan menuju restoran guna makan pagi dari Muwafaq. Sehingga tidak mengetahui isi dalam tas dan ia pun tak mengeceknya, karena dia mengira itu adalah oleh-oleh bukan uang.

“Setelah bertemu (dengan Muwafaq), bapak (Rommy) akan menemui tamu selanjutnya kalau tidak salah dati Universitas Airlangga, karena sudah janjian sudah menunggu di resto saya mengikuti (Rommy), tiba-tiba Pak Muwafaq dan menyerahkan kepada saya (tas kertas), yang tidak tahu sesuatu itu apa,” ujar Amin saat bersaksi di persidangan.

Setelah itu, Amin melayani Rommy di resto dengan mengambil sejumlah menu sarapan pagi. Amin kemudian memasukkan tas kertas itu ke mobil. Dia mengira tas tersebut hanya oleh-oleh biasa.

“Kemudian tas yang diberikan Pak Muwafaq itu saya masukin tas biar jadi satu,” kata Amin.

Sementara itu, Abdul Rohim yang juga merupakan supupu Rommy mengaku bahwa pemberian uang Rp50 juta merupakan insiatif darinya dan Muwafaq. Rommy menurutnya juga tidak mengetahui uang tersebut.

“Jangankan Pak Rommy, kakak saya (Abdul Wahab) yang satu mobil saja tidak tahu (uang Rp50 juta),” jelas Rohim dalam persidangan.

Rohim sendiri sebelumnya pernah memperkenalkan Muwafaq dengan Rommy. Dia berharap jika Muwafaq menjadi Kakanwil Kemenag Gresik akan bisa membantu Wahab yang saat itu menjadi Caleg untuk DPRD Gresik.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7921 seconds (0.1#10.140)
pixels