Kartini Masa Kini, Ibu Hebat bagi Anaknya

Sabtu, 20 April 2019 - 18:13 WIB
Kartini Masa Kini, Ibu Hebat bagi Anaknya
Kartini Masa Kini, Ibu Hebat bagi Anaknya
A A A
JAKARTA - Perempuan adalah ujung tombak pendidikan anak, yang melahirkan dan membesarkan generasi dari Rumah. Peran ibu sangat penting sebagai pendidik dalam keluarga, sehingga seorang Ibu perlu tahu bagaimana pendidikan anak usia dini, karena banyak orang tua yang saat ini lebih mengandalkan sekolah untuk urusan belajar anak, dan mereka sendiri sibuk dengan pekerjaan sehari-hari.

Menjadi wanita karir tentu bukan hal tabu saat ini, namun wanit tidak boleh melupakan peran pentingnya terhadap anak di keluarga. Hal inilah yang coba disampaikan dalam sebuah acara yang digagas Akademi Indonesia Sekolah Darurat Kartini, bertajuk “Kartini, Dulu dan Kini.”

Acara yang berlangsung di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan ini menghadirkan Mira Kusumo Astuti sebagai pembicara. Dokter sekaligus Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini ini menyoroti bagaimana ibu mengetahui kebutuhan anak, dan perannya dalam proses tumbuh kembang anak.

"Ibu adalah rumah bagi anak sebelum dilahirkan, beliau juga seorang pengajar yang memberikan nasehat tentang petujuk hidup. Ketika seorang anak membutuhkan petunjuk dan bimbingan dalam kehidupannya, seorang ibu harus muncul sebagai sosok siap siaga dan serba bisa,” kata Mira dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Sabtu (20/4/2019).

Sementara itu, pembicara lain Adjat Wiratma, jurnalis yanng juga praktisi pendidikan, dalam acara yang sama menyatakan, wanita saat ini telah banyak mengambil peran penting dalam masyarakat, ada banyak sosok wanita inspiratif yang dapat menjadi teladan. Dengan ilmu dan keterampilan yang dimilikinya, wanita Indonesia harus punya rasa peduli, memiliki komitmen dan integritas, sehingga lahir Kartini-Kartini baru kekinian, disampaikanya

“Pintar saja tidak cukup, peduli saja juga tidak cukup, Keduanya harus ada, sebelum melakukan karya, mengambil peran penting sesuai bidang masing-masing,' ujarnya.

Acara yang dilaksanakan memperingati hari Kartini ini juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang melibatkan peserta didik PAUD dan TK Sekolah Gratis yang didirikan Ibu Guru Kembar Rian dan Rossy. Selain sebagai pembelajaran bagi siswa tentang nilai-nilai kepahlawanan, acara ini juga ajang bagi anak menampilkan kebisaanya untuk lebih percaya diri,
“Sekolah Darurat Kartini selalu mengadakan kegiatan peringatan hari-hari besar nasional yang berkaitan dengan semangat kepahlawanan, ini penting bagi anak-anak agar mereka tumbuh menjadi generasi yang cinta NKRI,” ujarnya.
Acara dihadiri puluhan mahasiswa dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Subroto, perwakilan sejumlah organisasi perempuan, seperti Persit KCK, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini, perwakilan pengurus Dharma Pertiwi dan Dharma Wanita Persatuan, serta pengunjung umum Perpustakaan Nasional.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6958 seconds (0.1#10.140)