Bawaslu Ajak Bersabar Tunggu Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu

Sabtu, 20 April 2019 - 17:20 WIB
Bawaslu Ajak Bersabar Tunggu Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu
Bawaslu Ajak Bersabar Tunggu Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan mengimbau seluruh pihak untuk menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum 2019.

Hal itu disampaikannya menyikapi deklarasi kedua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang saling mengklaim kemenangan dan menggelar deklarasi.

“Seperti tadi kami sampaikan harapan kami, imbauan kami untuk semua pihak untuk sabar menunggu proses yang sedang berjalan, ya kita ikuti proses ini sampai pada tahapan jadwalnya kan,” ujar Abhan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Mengenai dua kubu yang telah menggelar deklarasi, Abhan menyebut hal itu tak masuk kedalam pelanggaran pemilu. Namun yang terpenting kedua kubu untuk menunggu hasil akhir penghitungan dari KPU.

“Enggak, bukan persoalan pelanggaran pemilunya, tapi saya kira, harapan kami adalah untuk bisa sabar menunggu,” tegasnya.

Selain itu, Abhan menyebut, yang paling penting saat ini yakni seluruh pihak untuk mengawasi perhitungan rekapitulasi form C1 dari berbagai kecamatan yang sudah disetorkan oleh setiap tempat pemungutan suara (TPS). Hal itu untuk mengantisipasi kesalahan data terkait proses penghitungan suara.

“Awasi betul, jangan sampai kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan misalnya ada data salah, kemudian tanpa terkoreksi,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7147 seconds (0.1#10.140)