TNI dan BNPT Uji Kesiapan Pasukan Hadapi Ancaman Terorisme

loading...
TNI dan BNPT Uji Kesiapan Pasukan Hadapi Ancaman Terorisme
TNI dan BNPT Uji Kesiapan Pasukan Hadapi Ancaman Terorisme
A+ A-
JAKARTA - Mendekati masa-masa pemilihan umum, peningkatan keamanan sangat diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan resiko keamanan.

Aksi teror bukan tidak mungkin sebagai salah satu risiko yang dapat terjadi menjelang pemilu sehingga menjadi perhatian serius bagi TNI serta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), sebagai leading sector dalam penanggulangan terorsime di Indonesia.

Diperlukan kesiapsiagaan dari pasukan Antiteror TNI untuk mengantisipasi adanya aksi terorisme. Untuk menguji kesiapan pasukan Antiteror TNI tersebut, gabungan unit satuan elite Anti-Teror TNI ini menggelar Latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI Tahun 2019.

Latihan yang diikuti oleh jajaran unit elite yang ada di dalam tubuh jajaran pasukan elite seperti Satuan 81 Kopassus TNI-AD, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI-ALU dan Satuan Bravo 90 Paskhas ini digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa 9 April 2019.



Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius yang turut hadir meninjau peragaan latihan tersebut mengatakan, latihan ini digelar sebagai upaya untuk menguji kesiapan Satuan Penanggulagan Teroris (Satgultor) TNI untuk melaksanakan operasi penanggulangan aksi terorisme dalam upaya merespon setiap kejadian yang khsusunya berkaitan dengan masalah teror.

“Ini menunjukkan kesiapsiagaan dari TNI. BNPT sendiri merasa berkepentingan karena BNPT merupakan Badan yang diberikan wewenang oleh Negara untuk menyiapkan strategi dalam rangka penanggulangan terorisme secara umum, sebagaimana kita juga mengkoordinir 36 kementerian dan lembaga,” ungkapnya.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini mengatakan, adanya latihan tersebut maka dapat diketahui secara pasti sebagaimana keterpaduan dari semua fungsi. Yang mana ketika didapatkan para pelaku yang masih hidup untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepolisian untuk di proses hukum lebih lanjut.



“Latihan tadi luar biasa. Terlihat gerak cepat dan sebagainya yang telah dilaksanakan oleh pasukan pasukan khusus TNI. Kita di BNPT sendiri juga mempunyai perwakilan-perwakilan dari pasukan-pasukan khusus tersebut baik dari Kopassus, Marinir dan juga Paskhas. Sehingga kita melihat satu sinergitas yang sangat luar biasa,” tuturnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top