Gandeng Tokoh Lintas Agama dan Media, Panglima TNI Gelar Joy Sailing

Rabu, 23 Januari 2019 - 18:25 WIB
Gandeng Tokoh Lintas Agama dan Media, Panglima TNI Gelar Joy Sailing
Gandeng Tokoh Lintas Agama dan Media, Panglima TNI Gelar Joy Sailing
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gelar Joy Sailing bersama Tokoh Lintas Agama dan Pemimpin Redaksi Media Massa Nasional menggunakan KRI Bima Suci di Dermaga JICT II, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (24/1/2019).

Panglima TNI menggelar kegiatan berlayar bersama Tokoh Lintas Agama dan Pemimpin Redaksi Media Massa di Teluk Jakarta guna menjalin silaturahmi dan sinergitas guna melawan informasi hoaks di masyarakat.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Koarmada I Kolonel Laut (P) Ivan Gatot Prijanto, selaku Ketua Panitia Kegiatan Joy Sailing menyampaikan bahwa kegiatan Joy Sailing ini merupakan yang kedua kalinya, dimana sebelumnya Panglima TNI pernah melakukan kegiatan berlayar bersama Pemimpin Redaksi mengarungi Perairan Teluk Jakarta menggunakan KRI dr. Soeharso-990, Senin (23/7/2018).

Kegiatan Joy Sailing kali ini menggunakan KRI Bima Suci yang merupakan Kapal Layar Latih bagi Taruna/Kadet Akademi Angkatan Laut pengganti kapal legendaris KRI Dewa Ruci yang sudah beroperasi sejak 1953.

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini memiliki ukuran panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas Bark tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi.

"Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut. Keistimewaan KRI Bima Suci terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar hingga alat komunikasi dan data digitalnyaā€¯, ujar Kolonel Ivan.

Selama dalam pelayaran mengarungi Perairan Teluk Jakarta, Panglima TNI dan peserta Joy Sailing akan dihibur oleh penampilan Badiskutik Band Marinir, Kolinpower Band Kolinlamil, 3 Dara, dan Hadrah Kolinlamil, serta disajikan makanan dan minuman khas TNI Angkatan Laut. Selain itu, juga menampilkan fashion show seragam TNI Angkatan Laut yang akan diperagakan oleh Prajurit Koarmada I dan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8632 seconds (0.1#10.140)